Skip to main content
x

Program Doktor Peternakan Selenggarakan Seminar Hasil Mahasiswa Asal Sudan

Pascasarjana Program Magister Peternakan Selenggarakan Seminar Hasil Penelitian

fapet.unsoed.ac.id, Pada tanggal 23/12 2019 Program Studi Magister Peternakan Universitas Jenderal Soedirman telah menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian Mahasiswa Program Doktor Peternakan, Pelaksanaan seminar hasil Tahap I berlangsung pukul 14.00 -16.00 WIB di ruang 140 Fapet Unsoed.

Acara dibuka oleh Koordinator Program Studi Doktor Peternakan Ir. Satrijo Widi Purbojo, Ph.D, dalam kesempatan itu Koorprodi menyampaikan bahwa seminar hasil adalah Untuk menjamin mutu penelitian, setiap mahasiswa diwajibkan memberikan presentasi atas hasil penelitiannya tersebut dalam suatu Seminar Hasil Penelitan yang dihadiri oleh mahasiswa.

Seminar Hasil Tahap I mahasiswa Program Doktor Peternakan Fapet Unsoedatas nama Hassan Ishag Hassan Harren NIM D3A017001 yang berjudul “Genetic Variation In The myostantin Gene And It’s Assoc With Growth And Carcas Traits In Batur Sheep”

Bertindak sebagai Promotor Dr. Ir. Dattadewi Purwantini, MP,  Co Promotor I Prof. Dr. Ir. Mas Yedi Sumaryadi, MS, Co Promotor II Dr. Ir Prayitno, M.Si, sedangkan untuk penguji I Dr. Ir. Agustinah Setyaningrum, MP, Penguji II Prof. Mulyoto Pangestu.

Seminar berlangsung menarik, penguji menanyakan atas paparan presentasi Hasan, menurutnya, pertumbuhan kambing di pengaruhi oleh gene dengan perlakuan yang berbeda dengan mengkualifikasikan berdasarkan umur. Selain penguji, Dr. Ir. Dattadewi Purwantini, MS selaku promotor juga menanyakan akan metode penelitian yang dilakukannya dengan kualifikasi umur dan mengarahkan untuk menggunakan satu katagori umur saja.

Untuk penguji  I. Dr. Ir. Ning Agustinah S, MP memberikan pertanyaan terkait dengan cara pengukuran bobot pakan menurut penelitian Hasan, penguji I menanyakan dasar ilmiahnya pada penentuan bobot bahan pakan hijauan yang di ukur sebelum pakan hijauan tersebut di olah. Penguji I pun mengarahkan untuk bahan koreksi, bahwasanya secara penimbangan bahan pakan hijauan di ukur setelah bahan dikeringkan.

Pada kesempatan lain Penguji II. Prof. Mulyoto Pangestu yang menguji melalui Teleconfrence langsung dari Australia memberikan beberapa pertanyaan atas hasil penelitian mahasiswa asal sudan tersebut.

Sementara di akhir pemaparan Co Promotor Prof. Dr. Ir. Mas Yedi Sumaryadi, MS, memberikan apresiasi kepada Hassan atas Hasil Penelitiannya yang sudah bagus. Beliau juga memberikan saran akan penelitiannya untuk lebih inovatif dan exlusif, sebisa mungkin penelitiannya akan lebih detail, inovatif dari peneliti sebelumnya, yang diharapkan menemukan penemuan baru sehingga penelitian tentang domba semakin spesifik.

Selain memberikan masukan tentang kapasitas penelitiannya, beliau juga memberikan koreksi dan saran pada teknik penulisannya. Menurutnya “apabila dalam sebuah karya ilmiah akan lebih indah apabila tampilan angka pada tabel diganti dengan tampilan sebuah grafik” ungkapnya.

Seminar hasil berjalan dengan tertib dan lancar, pada akhir seminar hasil Koordinator Program Doktor Dr. Ir. Satrijo Widi Ph.D menyampaikan dari kesimpulan seminar hasil tersebut dengan hasil “baik dan masih perlu perbaikan” katanya.