Skip to main content
x

Program Pasca Sarjana Menyelenggarakan Workshop Bidang Akademik dan Kemahasiswaan “Pembelajaran Menggunakan Media Google Classroom”

Fapet.unsoed.ac.id. Dalam rangka peningkatan dan efisiensi pendidikan untuk menghasilkan mahasiswa berkualitas Fakultas Peternakan Unsoed terus mengevaluasi sistem pembelajaran dan pembenahan kurikulum baik untuk Program S-1, D-3, S-2 maupun Program S3. Adapun upaya peningkatan mutu pendidikan terus dipacu dengan pertimbangan efisiensi waktu, efektif dalam pembelajaran.

Program Pascasarjana Fakultas Peternakan Unsoed menyelenggarakan Workshop Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Pembelajaran dengan menggunakan media Google Class Room tanggal 22/11/2019 pukul 08.30 – 11.30 WIB bertempat di ruang Rapat I Fapet Unsoed.

Acara dibuka oleh Koordniator Program Pascasarjana Dr. Ir. Elly Tugiyanti, MP. sistem pembelajaran pada Program Pascasarjana sudah saatnya menggunakan model pembelajaran berbasis teknologi informasi yang terangkum dalam Learning Managemen System (LMS)” katanya.

Sistem pembelajaran seperti ini merupakan salah satu model pembelajaran inovatif berbasis e-learning. Tentunya mendukung adanya efisiensi waktu maupun kertas. Google Classroom bisa didapatkan secara gratis dengan terlebih dahulu mendaftarkan diri pada akun Google Application for Education.

Dengan diselenggarakannya Workshop Akademik dan Kemahasiswaan Pembelajaran dengan media teknologi Google Classrom diharapakan “proses belajar mengajar pada Program Pascasarjana Peternakan Unsoed akan semakin efektif dan efisien,  sistem transformasi ilmu bisa berjalan tanpa harus tatap muka di dalam kelas” ungkapnya.

Sebagai Narasumber pada Kegiatan Workshop Akademik dan Kemahasiswaan Program Pasca Sarjana Peternakan adalah Ir. Juni Sumarmono, M.Sc, Ph.D. pada pemaparanannya ia menjelaskan sistem penggunaan Claassroom berawal dari pembuatan akun google bagi peserta yang belum mempunyai googela account.

Selanjutnya para peserta dipandu untuk membuka website classroom pada tab google dan mendaftarkan diri pada akun Google Application for Education Anda dapat mendaftarkan diri secara gratis untuk mendapatkan Produk Google. Salah satunya adalah Google Classroom, Fasilitas e-mail dengan domain sendiri, Google Drive, dan lain-lain.

Serambi memandu login ke  ia menyampaiakan Akun Google Aplikasi for Education ini sangat bermanfaat untuk pembelajaran secara online, dapat diperoleh secara gratis serta dapat digunakan untuk perangkat apa pun. Salah satu kecanggihan aplikasi ini adalah dapat digunakan secara bersama-sama dalam kelompok secara kolaboratif

Ada beberapa keuntungan yang kita dapatkan dari Cara Kerja Google Classroom dalam pemanfaatannya sebagai Learning Management sistem (LMS), yakni :

1. Proses setting yang cepat dan nyaman

Proses set up pada Google Classroom sangat cepat dan nyaman Dosen tinggal mengakses aplikasi Google Classroom serta bisa memulai membagikan tugas-tugas dan bahan ajar. Dosen dapat melakukannya  dengan menambahkan daftar mahasiswa atau berbagi kode unik yang memungkinkan akses ke kelas pada Google Classroom. Google Classroom lebih sederhana dan mudah untuk digunakan, sehingga ideal bagi guru meskipun dengan tingkat pengalaman eLearning yang beragam.

2. Hemat waktu

Peserta didik tidak lagi harus men-download tugas yang diberikan guru. Dosen pun tinggal membuat dan mendistribusikan dokumen untuk peserta didik mereka secara online. Guru juga dapat menentukan peringkat, memberikan umpan balik untuk semua tugas dan melakukan penilaian menggunakan aplikasi Google Classroom.

3. Meningkatkan kerjasama dan komunikasi

Salah satu manfaat paling penting dari menggunakan Google Classroom adalah sangat dimungkinkan untuk melakukan kolaborasi online yang efisien. Dosen dapat mengirimkan pemberitahuan ke peserta didik mereka untuk memulai diskusi online atau memberitahu mereka tentang kegiatan pembelajaran online tertentu. Di sisi lain, peserta didik memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik kepada rekan-rekan mereka dengan posting langsung ke aliran diskusi di Google Classroom.

4. Penyimpanan data terpusat

Dengan Google Classroom, semuanya berada dalam satu lokasi terpusat. Peserta didik dapat melihat semua tugas-tugas mereka dalam folder tertentu, guru dapat menyimpan bahan eLearning dan kegiatan untuk tahun ajaran secara cloud dan semua peringkat / nilai dapat dilihat dalam aplikasi. Tidak perlu khawatir tentang dokumen hilang atau penilaian hilang, karena itu semua tersimpan dalam LMS yang gratis ini.

5. Berbagi sumber daya dengan cepat

Fasilitator online/ Dosen memiliki kekuatan untuk berbagi informasi dan sumber daya online  tinggal mengakses aplikasi Google Classroom dan mendistribusikan link ke sumber daya online dan materi eLearning tambahan yang dapat menguntungkan peserta didik mereka. Ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh update tepat waktu yang berhubungan dengan pelajaran saat ini, sehingga mereka dapat lebih memahami materi dan akses peralatan multimedia yang dapat meningkatkan pengalaman eLearning mereka.