Skip to main content
x

Program S3, Kembali melaksanakan Seminar Proposal Disertasi

Fapet.unsoed.ac.id, - Pelaksanaan Kolokium Mahasiswa Program Doktor Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Jenderal Soedirman atas nama Wilhelmus Yape Kii, NIM D3021002. dilaksanakan tanggal (15/11) bertempat di ruang Rapat 140.

Kegiatan diawali sambutan dari Koorprodi Program Doktor Dr. Ir. Agus Susanto, M.Agr.Sc. pada kesempatan itu koorprodi menyampaikan riwayat studi Wilhelmus Yape Kii, selama melaksanakan studi di program Doktor Ilmu Peternakan.

Selain itu koorprodi juga menjelaskan untuk mencapai gelar Doktor pada Program Doktor, Program Studi Ilmu Peternakan, menghimbau kepada promovendus untuk tetap konsen pada penelitiannya dan lebih spesifik dalam menuangkan hasil penelitiannya dengan konsep penelitian yang terbarukan

Sebagai syarat dan untuk mendapatkan gelar Doktor (Dr.) Wilhelmus Yape Kii masih harus menghadapi ujian sidang komisi hasil, ujian seminar hasil, dan disertasi. Sebelumnya dia sudah mengikuti  ujian kualifikasi dan ujian sidang komisi pra proposal.

Wilhelmus Yape Kii. yang merupakan Rektor Unika menjalani pendidikan untuk mencapai gelar Doktor pada Program studi Ilmu Peternakan Pascasarjana Fapet Unsoed. Dalam proposal disertasinya, Wilhelmus Yape mengajukan judul “Karakteristik Sistem Produksi Dan Strategi Pengembangan Peternakan Di Sumba Barat Daya”.

Adapun penguji dalam seminar proposal disertasi ini adalah Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc, Agr. (Promotor), Ir. Juni Sumarmono, M.Sc, Ph.D, IPU (Co-Promotor). Ir. Novie Andri Setianto, S.Pt, M.Si, Ph.D, IPU (Ko-Promotor), dan Dr.sc.agr. Ir. Muhamad bata, MS. (penelaah), Prof. Dr. Zainal Aznam Mohd. Jeland . (penguji eksternal). Dr. Ir. Agustinah setyaningrum, MP, IPU (penguji internal)  dan  Dr. Agus susanto, M.Sc. Agr.IPU (sekretaris),

Penguji memberikan saran dan masukan terhadap materi teknis, substantif dan metodologis dari proposal yang telah dipaparkan. Wilhelmus diminta untuk melakukan revisi sesuai dengan arahan penguji.

Ujian Proposal tersebut dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu tahap Seminar Hasil dan Mahasiswa  harus memperbaiki catatan-catatan yang sudah diberikan oleh dewan penguji dan menyetorkan hasil dari perbaikan ke prodi untuk selanjutnya diajukan ke tahap ujian seminar Hasil dimana sebelum mengambil ujian seminar hasil mahasiswa harus melakukan penelitian untuk memperdalam proposal yang diangkat dan siap di sidangkan pada seminar hasil.

Promotor di akhir sidang menyampaikan, “Alhamdulillah Proposal Disertasi tersebut memperoleh hasil “disetujui dengan perbaikan”. Selamat buat Wilhelmus Yape Kii yang telah maju selangkah dalam menyelesaikan pendidikan untuk mencapai Gelar Doktor. Semoga disertasi yang akan disusun dapat selesai dengan baik dan tepat waktu, serta bermanfaat bagi masyarakat.