Skip to main content
x

S2 Peternakan

1.    Visi :

“Menjadi Program Studi Magister yang unggul dan mampu mengembangkan ilmu peternakan berbasis sumberdaya lokal pada tahun 2020”

 

2.    Misi:

·   Menyelenggarakan pendidikan strata magister untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan mandiri di bidang peternakan berbasis sumberdaya local

·  Menyelenggarakan penelitian dan mengembangkan program yang inovatif untuk mendukung pengembangan pendidikan, pengetahuan, dan teknologi di bidang peternakan berbasis sumberdaya local

·     Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dan publikasi ilmiah di bidang peternakan berbasis sumberdaya lokal untuk memecahkan masalah-masalah pembangunan di tingkat regional dan nasional

 

3.    Tujuan dan Sasaran :

Tujuan PS. S2 Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman

·     Meningkatkan jumlah lulusan dengan kualifikasi magister yang mampu mengembangkan ilmu peternakan berbasis sumberdaya local

·     Meningkatkan jumlah teknologi/program yang inovatif di bidang peternakan untuk memecahkan masalah di masyarakat

·     Meningkatkan jumlah hasil penelitian dan publikasi ilmiah di jurnal nasional terakreditasi atau internasional

·     Meningkatkan jumlah lulusan yang mempunyai kemampuan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S3

 

Sasaran PS. S2 Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman

·  Menghasilkan 30 orang lulusan pada level master yang mampu mengembangkan ilmu peternakan berbasis sumberdaya lokal dengan masa studi  tidak melebihi 24 bulan dan masa penulisan tugas akhir rata-rata 6 bulan selama 5 tahun (2012-2017) dan 30 persen dari jumlah lulusan meneruskan ke jenjang S3.

·      Menghasilkan  10  teknologi atau program yang inovatif di bidang peternakan selama 5 tahun dan menghasilkan 2 HAKI (2012-2017)

·       Menghasilkan publikasi internasional 20 persen dari jumlah penelitian yang dihasilkan (2012-2017).

 

4.    Kurikulum

Kurikulum Program Studi Peternakan  Program Pascasarjana UNSOED memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blog yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blog, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi. Kurikulum Program Studi Peternakan Program Pascasarjana dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi.

Kompetensi lulusan Program Studi Magister Peternakan Program Pascasarjana UNSOED dibedakan atas kompetensi utama dan kompetensi pendukung. Mengacu pada Kepmendiknas No.045/U/2002, yang dimaksud dengan kompetensi adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggung jawab yang dimiliki seseorang sbegai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaannya.

Elemen-elemen kompetensi terdiri atas: (a) landasan kepribadian; (b) penguasaan ilmu dan keterampilan; (c) kemampuan berkarya; (d) sikap dan perilaku dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai; dan (e) pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.

Kompetensi Utama yang diharapkan dari para lulusan Program Studi Magister Peternakan Program Pascasarjana UNSOED meliputi  :

Penguasaan paradigma keilmuan Ilmu Peternakan Program Pascasarjana UNSOED, pembentukan kemampuan meneliti bidang Ilmu Peternakan, penguasaan hakekat keilmuan Ilmu Peternakan, dan penguasaan sarana berpikir yang mengarah pada pemahaman tentang  prosedur keilmuan dalam memproses pengetahuan ilmiah melalui kegiatan penelitian dalam bidang Peternakan yang menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik sebagai landasan moral, sehingga diharapkan lulusan dari Ilmu Peternakan Program Pascasarjana UNSOED:

1. Mampu menganalisis dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi lanjutan bidang peternakan berbasis sumberdaya local

2. Mampu menerapkan kaidah-kaidah ilmiah dalam memecahkan permasalahan masyarakat khususnya di bidang peternakan

3. Mampu menghasilkan karya inovatif bidang peternakan berbasis penelitian multidisiplin untuk pembangunan industri peternakan

4.    Mampu menganalisis dan merencanakan pembangunan agroindustri peternakan berbasis sumberdaya lokal

 

Kompetensi pendukung yang bersifat khusus, gayut dengan kompetensi utama yang telah diterangkan di atas. Kompetensi pendukung mencakup (1) kemampuan untuk mengembangkan lebih luas kerangka konseptual, teori, perangkat analisis dan pendekatan praktis dalam mengelola  proses dan produksi Ternak serta (2) kemampuan mengembangkan diagnoisis terhadap isu-isu bidang Peternakan dan membuat rekomendasi kebijakan bidang Peternakan yang berkembang dan kemampuan mengembangkan alternatif rekomendasi  kebijakan, sehingga diharapkan lulusan Program magister Ilmu Peternakan UNSOED:

 

  1. Memiliki kemampuan untuk menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan teknologi peternakan dalam rangka mendukung terwujudnya responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas, efektivitas, dan efisiensi organisasi.
  2. Memiliki kemampuan untuk merencanakan dan merumuskan pembangunan peternakan berbasis wilayah dan potensi sumberdaya lokal untuk meningkatkan bidang Peternakan yang inovatif dan strategis.
  3. Memiliki kemampuan menganalisis dan merumuskan strategi penyusunan pakan ternak berbasis sumberdaya lokal.
  4. Memiliki kemampuan untuk menerapkan dan mengevaluasi berbagai teknologi reproduksi untuk pengembangan produksi ternak lokal

. 

5.    Dosen Homebase

No

NIDN/NUPN

NAMA DOSEN

GELAR

PENDIDIKAN

PROGRAM STUDI

1

0024125404

F.M. Suhartati

Prof. Dr. Ir. SU

S3

Peternakan

2

0014 076105

Mas Yedi Sumaryadi

Prof. Dr. Ir. MS

S3

Peternakan

3

0009016406

Elly Tugiyanti

Dr. Ir. MP

S3

Peternakan

4

0031105906

Datta Dewi Purwantini

Dr. Ir. MS

S3

Peternakan

5

0020126207

Muhamad Bata

Dr.sc.agr. Ir. MS

S3

Peternakan

6

 

Moch. Sugiarto

S.Pt. MSc.PhD

S3

Peternakan

 

6.    Status Akreditasi

Program Studi S2 Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman  berdasarkan reakreditasi tahun  2016 hingga 2021 dengan SK Nomor 0645/SK/BAN-PT/Akred/M/III/2017 telah Terakreditasi A.