Skip to main content
x

Sejumlah Siswa TK Aisyiyah Bustanul Asthaf, Memanen Telur Di Kandang Close House

Fapet.unsoed.ac.id- sejumlah anak-anak dari Taman Kanak-Kanak (TK) Aisyiyah Bustanul Ashtfal XVI berkunjung ke Teaching Farm/Experimental Farm (Exp.Farm) Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), pada hari Rabu (23/11).

TK Aisyiyah yang berlokasi di Jalan Kenanga No. 91 Grendeng Purwokerto masih satu kelurahan dengan lingkungan Fapet Unsoed. Loksi yang dekat para murid TK Aisyiyah cukup dengan berjalan kaki untuk sampai di Exp.farm. siswa TK Aisyiyah datang dengan mengenakan jas hujan karena kota Purwokerto diguyur hujan dari pagi hari hingga menjelang siang, beruntung saat anak-anak TK datang,  hujan sudah mulai reda.

Rombongan siswa TK sampai di Exp.farm sekitar pukur 09.00 WIB dengan didampingi delapan guru dengan diikuti 73 siswa untuk melaksanakan pembelajaran diluar kelas ke Exp.farm untuk melihat binatang yang ada di area kandang.

Kedatangan rombongan siswa TK Aisyiyah disambut oleh Ketua Exp.farm Ir. Nur Hidayat, M.Si, IPM dengan didampingi oleh pengelola Exp.farm dan mahasiswa yang bertugas untuk mengantar anak-anak berkeliling menyusuri kandang.

Ir. Nur Hidayat menyampaikan, Exp.farm merupakan sarana pembelajaran untuk mahasiswa yang akan melaksanakan Praktikum. Selain digunakan mahasiswa Exp.farm juga digunakan sebagai sarana penelitian dosen dan mahasiswa.

Pada kesempatan itu tim web Fapet Unsoed mewawancarai salah satu Guru TK Aisyiyah Bustanul Asthaf, Sumarsih, S.Pd, guru kelas tersebut menjelaskan terkait kunjungan anak-anak TK Aisyiyah ke exp.farm adalah bagian dari pembelajaran diluar kelas (outing class), pembelajan dengan tema “Binatang”.

Dengan mengangkat tema binatang ini kami untuk mengenalkan pembelajaran secara langsung agar anak didik kami dapat melihat, praktek secara langsung dengan obyek yang dipelajari. Anak-anak dapat melihat secara nyata binatang yang ada di area Teaching Farm disni. Diharapkan dengan melihat dan berinteraksi langsung dengan hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, ayam dan angsa anak didik kami akan lebih paham tentang binatang serta mengerti bahwa binatang atau hewan ternak itu juga mahluk ciptaan Tuhan.

Siswa menjadi tau apa hasil dari hewan ternak yang dilihatnya dan siswa juga bisa langsung menikmati hasil peternakan di kandang ayam close house. “tadi anak-anak begitu antusias ikut memanen telur yang ada di kandang untuk diambil dan disimpan di box telur” tuturnya.

Rombongan siswa dipandu oleh pawang kandang berkeliling mengitari area kandang, dan pengelola exp.farm bersama guru pendamping menjelaskan hewan apa yang ada di hadapannya.

Dengan melihat sapi perah anak-anak dapat mengerti sapi perah, sapi pedaging dan secara kebetulan tadi ada Drh. Diana Sedang memberikan vaksin terhadap 25 ekor sapi dikandang jenis sapi pedaging. Anak-anakpun tampak penasaran melihat obat dan jarum suntik serta melihat dokter hewan menyuntik sapi.

Kegiatan pembelajaran diluar kelas dengan berkunjung ke exp.far murid-murid di dampingi oleh

Eka Listiarini, S.Pt, AUD(Kepala Sekolah), Siti Soliah, S.Pd, Yuniati, S.Pd., AUD, Indah Pujiastuti, S.Pd, Sumarsih, S.Pd, Yayah Darti Handayani, A.Md , Herni Suciani, Intan Bariyah Haris.

Setelah para siswa berkeliling kandang, siswa diarahkan untuk beristirahat sambil diberi susu sapi murni hasil dari pemerahan sapi perah milik Experimental Farm Fapet Unsoed.