Skip to main content
x

Seminar Internasional The 2nd AnSTC Fakultas Peternakan Unsoed Sukses Hadirkan Lima Narasumber Dari Mancanegara

fapet.unsoed.ac.id - Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan seminar internasional THE 2nd ANIMAL SCIENCE AND FOOD TECHNOLOGY CONFERENCE (AnSTC) 2020 dengan tema Advancing Animal Production Systems for Rural Development and Environment Sustainability. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun, karena pandemi seminar internasional diselenggarakan secara virtual yang di share melalui chanel youtube Fapet Unsoed.

Seminar Internasional The 2nd AnSTC dilaksanakan dua hari, Rabu dan Kamis, 4 dan 5 November 2020. Acara tersebut menghadirkan keynote speaker dari luar negeri, yaitu Assoc. Prof.Henny Akit,Ph.D (University Putra Malaysia, Malaysia), Assoc.Prof.Dr.Yanin Opatpatanakit (Maejo University, Thailand), Assoc.Prof.Bibin Bintang Andriana,Ph.D. (Kwansei Gakuin University, Jepang) dan Prof. Vu Dinh Ton,Ph.D. (Vietnam National University of Agriculture, Vietnam) sebagai keynote speaker.

Selain menghadirkan empat keynote speaker dari mancanegara, Seminar Internasional The 2nd AnSTC  juga mengundang enam Invited Speakers Prof. .Suyadi (Universitas Brawijaya), Prof. Edy Kurnianto (Universitas Diponegoro), Assoc. Prof. Dr. Triana Setyawardani (Universitas Jenderal Soedirman), Prof. Budi Guntoro (Universitas Gadjah Mada), Assoc.Prof.Juni Sumarmono,Ph.D. (Universitas Jenderal Soedirman), dan Assoc. Prof. Dr. Racheal Bryant (Lincoln University, New Zealand).

Ketua Panitia Seminar Internasional Moch. Sugiarto,S.Pt.,MM.,PhD menyampaikan, Seminar Internasional digelar sebagai wadah dalam bertukar pengetahuan dan berbagi perspektif dalam memanfaakan peluang untuk memajukan industri masyarakat pedesaan secara berkelanjutan.

The 2nd AnSTC diikuti oleh 187 peserta dari berbagai negara yaitu Indonesia, Afrika Selatan, India, Zimbabwe, Philippines, dan Sudan. Seminar Internasional The 2nd AnSTC dilaksanakan secara daring dengan melalui platform Zoom Meeting dan ditayangkan secara live melalui streaming YouTube “Fapet Unsoed”.

The 2nd AnSTC berkomitmen untuk menerbitkan makalah ilmiah yang dipresentasikan menjadi prosiding IOP Conference Series, salah satu penerbit prosiding terindeks SCOPUS. Seminar virtual di ikuti 176 peserta yang memaparkan presentasinya, 140 author  dan 36 co-author pada 15 ruang yang berbeda yang terbagi 6 bidang keilmuan, bidang keilmuan Nutrisi dan Makanan Ternak, Produksi, Sosial dan Ekonomi, Reproduksi, Biotechnology dan Veteriner.

Kegiatan Seminar Internasional tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Jenderal Soedirman yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr. pada kesempatan itu Wakil Rektor Bidang Akademik menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya seminar internasional tersebut, kegaiatan yang dapat memadukan keynote speaker dari luar negeri untuk menyamakan.persepsi dan berbagi pendapat dalam mengakselerasikan hasil risetnya.

“Kesempatan yang baik ini harus dimanfaatkan secara maksimal untuk dapat menghasilkan kesimpulan dari suatu ide dan gagasan yang dapat mengembangkan industry peternakan  dengan terus berkomunikasi secara efektif, saling bertukar pikiran, dengan diskusi aktif sehingga hasil seminar nantinya dapat bernilai strategis, berbobot, dan kritis sebagai sumbangsih pemikiran” ucapnya.