Skip to main content
x

Sosialisasi Dan Publikasi, Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Fapet.unsoed.ac.id. Rabu, 11/04/2019. Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Kedatangan Narasumber dari Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan kepada Masyarakat (LPPM) Unsoed dalam acara sosialisasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Batch 2.

Acara dilaksanakan diruang seminar Fakultas Peternakan Unsoed, mulai dari Pukul 09.00 – 11.25 WIB, untuk pembicara sosialisasi bidang Penelitian adalah Prof. Ir. H. Totok Agung Dwi Haryanto, M.P.,Ph.D dan untuk Pengabdian kepada masyarakat Prof. Dr. Ir. Ning Iriyanti, MP.

Acara pertama sambutan dekan, dalam sambutannya dekan menyampaikan bahwa bahwa dari evaluasi masih ada beberapa dosen Fakultas Peternakan unsoed yang belum mendaptkan pendanaan baik dari dana penelitian ataupun Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) pada tahun 2019. Harapannya dengan adanya sosoialisai ini diharapakan bisa memotifasi para dosen Fakultas Peternakan Unsoed yang belum mendapatkan dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakan untuk ikut berkompetisi agar bisa mendptkan dana hibah tersebut.

Masih terkait sosialisasi publikasi dekan berharap semoga dengan adanya sosialisasi, publikasi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini akan mendorong dan memotivasi para dosen untuk menulis publikasi baik jurnal internasional ataupun nasional. beliau juga berharap pada tahun 2019 ini  journal  animal production bisa terindek scopus, namun sampai saat ini Fakultas Peternakan Unsoed masih terhambat dengan adanya tuntutan untuk bisa terbit tepat waktu. Dalam kesempatan tersebut dekan juga mohon doa dan dukungannya semoga tahun ini Animal production bisa terindek scopus.

Acara selanjutnya sosialisasi penelitian yang di sampaikan oleh Prof. Ir. Totok Agung Dwi Haryanto, MP, Ph.D, dalam sosialisasinya beliau mempresentasikan skema penelitian yang  yang dirancang oleh unsoed untuk para dosen yang belum mendapatkan dana penelitian. Skema yang ditawarkan meliputi Riset Pengembangan Unggulan Unsoed, Riset Terapan unggulan Unsoed, Riset peningkatan kompetensi dan Riset Dosen pemula yang semuanya bersumber dari dana Badan Layanan Umum Unsoed. Untuk batas akhir unggah proposal pada hari kamis, 18 April 2019 pukul 24.00 WIB.

Acara selanjutnya pemaparan dari bidang pengabdian kepada masyarakat yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Ning iriyanti, MP. dalam pemaparannya menjelaskan untuk bidang pengabdian kepada masyarakat batch 2 ada 2 yang ditawarkan yaitu penerapan iptek dan desa binaan. Untuk desa binaan sudah ditetapkan oleh fakultas peternakan yaitu desa datar dan desa susukan kecamatan sumbang kabupaten banyumas, namun yang dapat diterima LPPM hanya satu untuk setiap fakultas. Persayaratan untuk mengajukan proposal pengabdian kepada masyarakat adalah proposal yang baru, dosen tidak sedang tugas belajar, prosposal batch 2 adalah untuk dosen yang belum memperoleh dana dari manapun.

Selanjutnya acara disampaikan oleh Ir. Juni Sumarmono, M.Sc, Ph.D memawili ketua pusat koodinasi publikasi ilmiah, pusat baru dari LPPM. Alasan mengapa ini diperlukan terkait dengan akreditasi karena pembobotan dari output dan outcome jumlah penelitian yang terindek scopus. Tahun 2018 jumlah publikasi yang ada jumlah data judul penelitian tidak seimbang dengan jumlah publikasi. judul penelitian besar jumlah judul penelitiannya dari pada publikasi. Ini data dari scopus dari jurnal internasional yang tidak terindek scopus secara nasional dosen unsoed yang terindek scopus 571 dan menduduki rangking 32 dari institusi yang ada. oleh karena itu LPPM mendorong dosen mempublikasikan artikel dan memotivasi dengan memberikan insentive.