Skip to main content
x

Sosialisasi Kegiatan Akademik dan Kemahasiswaan Orang Tua Wali Mahasiswa Fapet Unsoed Tahun 2019

Sabtu, 23/11/2018 Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan Mahasiswa Fapet Unsoed dan menjalin tali silaturahmi Fakultas Peternakan Unsoed menyelenggarakan sosialisasi akademik dan Kemahasiswaan orang tua wali murid, Fapet Unsoed mengundang orang tua mahasiswa baru angkatan tahun 2019/2020 dalam rangka sosialisasi yang melibatkan  pihak orang tua wali murid, Mahasiswa BEM dan Pimpinan serta dosen pengampu akademik fapet Unsoed.

Acara dimulai pukul 09.00 yang dibuka oleh Dekan Prof. Dr. Ismoyowati, S.Pt, MP. Dalam Sambutannya Dekan Fapet Unsoed, dalam sambutannya dekan menngucapkan terimakasih atas kehadiran dan peran sertanya atas kegiatan sosialisasi akademik dan kemahasiswaan tersebut. Dekan berharap dengan terjalinnya silaturahmi antara civitas akademika dan orang tua wali murid akan terjalin komunikasi dengan baik demi untuk meningkatkan kualitas lulusan.

Dekan mengapresiasi kepeduliaan orang tua wali murid atas kehadirannya demi untuk bertatap muka dan berbagi masalah perihal akademik putra-putrinya. Dekan juga menyampaikan upaya peningkatan mutu pendidikan dan meningkatkansarana pendidikan demi tercipatanya kampus yang bisa memberikan kenyamanan dan konsentrasi belajar pada mahasiswanya.

Dalam kurun waktu yang singkat Fakultas Peternakan juga telah berbenah dengan melaksanakan assesmen masing-masing Program Studinya untuk mendapatkan hasil yang baik dan masing-masing program Studi sudah terakreditsi A yaitu Program Studi D3 Produksi Ternak, S1 Peternakan dan Magister peternakan, sedangkan untuk Program S3 yang masih terakreditasi B, untuk Program S3 dekan menyampaian bahwasanya untuk program S3 baru berjalan 3 tahun.

Selain dekan Wakil Dekan Bidang Akademik, menyampaikan beberapa hal terkait masalah dalam akademik, dengan mengundang orang tua wali murid ia berharap ada suatu komunikasi antar mahasiswa, orang tua dan pihak Fakultas. ia mengajak kepada orang tua wali murud untuk turut serta memberikan motivasi belajar dan memberikan pengawasan kepada putra-putrinya dari ancaman radikalisme.

Selain memberikan gambaran tentang perkuliahan ia juga menyampaikan kebiasaan-kebiasaan mahasiswa yang kurang koperatif dalam menunjang komunikasi pendidikan. ada beberapa mahasiswa yang tidak memberi tahu orang tua tentang hasil studi, orang tuapun tidak tau sebara jauh perkembangan sang putra dalam kegiatan perkuliahan putra-putrinya.

Dengan begitu santai dan bijak, wakil Dekan Bidang Akademik memberikan solusi dengan memberikan cara dalam mendapatkan informasi pendidikan putra putrinya dengan sistem online. Ia memberikan informasi kepada orang tua mahasiswa dengan mengakses website Fapet Unsoed www.fapet.unsoed.ac.id akan bisa tau tentang informasi perkembangan putra-putrinya baik tentang nilai, mata kuliah yang di ambil dan aktif tidaknya dalam perkuliahan.

Setelah bidang akademik Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menyampaikan terkait kegiatan mahasiswa pada masa kuliah dan peluang kerja terhadap lulusan Fakultas Peternakan. Ia juga menyebutkan beberpa perusahaan-perusaan baik Bidang Peternakan, Perbankan dan Farmasi yang aktif melakukan perekrutan pasca yudisium.

Dalam hal kegiatan mahasiswa, wakil dekan Bidang Kemahasiswaan menjelaskan akan pentingnya mahasiswa dalam berorganisasi. Karena selama ini perusahaan-perusahaan yang melakukan perekrutan di Fapet Unsoed justru mencari Sumber Daya Manusia bukan saja di lihat dari hasil nilai Akademiknya saja tetapi lebih penting mencarai lulusan yang aktif dalam berorganisasi.

Dalam satu tahun dirata-rata ada 19 kali perekrutan yang dilaksanakan di Fakultas Peternakan Unsoed, untuk lainnya di Instansi, Perusahaan atau lembaga pengada perekrutan.

Sosialisai Akademik dan kemahasiswaan tidak hanya di paparkan oleh Pimpinan Fakultas, perwakilan dari mahasiswa juga dilibatkan. Ketua BEM Iman Mandala Putra memparakan dari Bidang Akademik dan Wakil Ketua BEM  Andhika Rizqsi ramadhan Bidang kemahasiswaan. Keduanya menyampaikan bagaimana kegiatan proses belajar mengajar di Fapet Unsoed, ada kesamaan pada pada mensiasati waktu mahasiswa antara untuk kuliah, kegiatan mahasiswa dan praktikum.

Pada sesi terakhir pihak wali murid diberi kesempatan untuk bertanya dan berinteraksi dengan pimpinan fakultas terkait dengan permasalahan sekitar pendidikan demi untuk menunjang keberhasilan anak-anaknya. Wakil Dekan Bidang Akademik  Novie Andri Setianto, S.Pt, M.Sc, Ph.D dan Wakil Dekan memandu langsung kegiatan interaksi tersebut.

Ada orang tua mahasiswa dari Bekasi Bapak Muhamad, menanyakan terkait dengan sistem pembelajaran dan pengambilan mata kuliah setiap mahasiswanya. Selain bertanya ia juga bercerita pengalamannya terkait undangannya sebagai orang tua wali murid, “ia mengatakan kalau saya baru pertama kali mendapat undangan dari pihak Fakultas,  karena ia punya tiga putra yang anak keduanya selam berkuliah ia tidak pernah mendapatkan undangan acara sosialisasi begini apalagi yang terkait dengan informasi kemajuan akademik putra-putrinaya.

Ia juga mengatakan kalau ada undangan dari pihak lembaga pendidikan biasanya tidak lepas dari penggalangan dana dari orang tua wali murid. Tetapi apa yang ia dapatkan justru berbeda, ia dan orang tua wali mahasiswa lainnya banyak mendapatkan informasi perihal akademik dan kemahasiswa Fapet Unsoed demi untuk mendorong putra-putrinya agar bisa mencapai hasil yang diharapkan, tanpa membahas dana apalagi yang sifatnya penggalangan dana. “katanya.

Acara berlangsung sampai pukul 12.00 WIB dengan di tutup dengan Doa bersama yang di pimpin oleh Ir. Nur Hidayat M.Si dan di lanjutkan sesi Foto bersama antara Pimpinan Fakultas, Dosen dan orang tua mahasiswa.