Skip to main content
x

Tasyakuran Dan Penandatanganan Kerjasama Hiasi Hari Jadi Fapet Unsoed

(fapet.unsoed.ac.id) Selasa,11/02/20 Dalam rangka Dies Natalais ke- 54 Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman yang jatuh pada tanggal 10 Februari 2020 dan sebagai ungkapan rasa Syukur civitas akademika menyelenggarakan Tasyakuran. Acara yang bertempat di Ruang Seminar Lantai I Fapet Unsoed ini dihadiri oleh Rektor bersama Wakil Rektor, para Dekan, Ketua Lembaga, Direktur, Ketua BPU, Kepala Dinas (Pertanian/Peternakan/Ketahanan Pangan/Perikanan/Kesehatan Hewan di Provinsi Jawa Tengah), kepala SMK, dan sivitas akademika Fapet Unsoed.

Ketua panitia Dies Natalis Fapet Novie Andri S, S.Pt., M.Sc.,Ph.D dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam Dies Natalis ke-54 dengan tema “transforming ideas into action” dengan kombinai 4 warna yang mengartikan bahwa Fapet Unsoed memiliki 4 Bagian yang terdiri Bagian Produki Ternak, Bagin INMT, Bagian Sosek dan Bagian Ilmu Peternakan.

Dilaporkan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain Lomba kebersihan dan kenyamanan ruangan, Jalan sehat dan peresmian Inkubator Bisnis, kejuaraan Karate Nasional Dekan Cup ke VI dengan total peserta 981 dari 13 Provinsi. dengan total Pengunjung 1.235 orang. Sebagai Juara Umum adalah Kontingen KATANA Karate Club (Solo).

Disampaikan juga pada bulan Maret akan diselenggarakan Pengabdian kepada masyarakat dan pelatihan kepada para kelompok wanita tani, Lomba Foto/Swafoto dan logo Lustrum Fapet Unsoed, Seminar Nasional dan Internasional (Juli 2020), Pameran Foto dan Barang Antik (September 2020), dan ditutup dengan Silaturahmi industri (Oktober 2020) untuk menjaga jejaring terutama dengan mitra-mitra strategis.

Dekan Fapet Unsoed Prof. Dr Ismoyowati S.Pt., MP menyampaikan terimaksih atas kehadiran dan waktunya kepada semua tamu undangan yang telah hadir pada acara Tasyakuran dan Penandatanganan Kerjasama antara Fakultas Peternakan Unsoed dengan Lembaga Dinas Peternakan dan SMK.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 275 tanggal 3 Desember 1965 tentang pembukaan (pendirian) Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman, pada tanggal 10 Februari 1966 dilakukan serah terima Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan Universitas Islam Indonesia (FKHP-UII) Yogyakarta Cabang Purwokerto kepada Universitas Negeri Jenderal Soedirman Purwokerto,

Pada usia 54 tahun Fapet telah memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan bangsa khususnya dalam pengembangan IPTEK dan penyediaan tenaga ahli berkualitas (Sarjana, Ahli Madya, maupun Magister) dan dekan berharap “di tahun ini akan Fapet Unsoed akan meluluskan Program Doktor Peternakan pertama” harapnya.

Lebih lanjut Dekan menyampaikan “bahwa Perubahan-perubahan akibat pengembangan IPTEK mobilisasi menuntut Fapet Unsoed untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan dalam rangka mengemban Tridharma Perguruan Tinggi secara nyata berkualitas akan menentukan kemampuannya dalam pengembangan IPTEK dan lulusan yang kompeten dan memiliki daya saing yang tinggi.

Fapet Unsoed sudah sangat siap untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran dengan program Mas Menteri yaitu Merdeka Belajar, dan Kampus Merdeka” ungkapnya

Dekan menambahkan selama ini Fapet telah menajalin kerjasama dengan berbagai pihak baik dinas terkait, lembaga, perusahaan peternakan ataupun non peternakan dan dalam waktu dekat di akhir Februari ada 13 Mahasiswa yang lolos seleksi untuk magang di perusahaan sapi perah di Hokaido Jepang atas kerjasama Fapet Unsoed dengan Perusahaan Aprical Association Jepang.

Sambutan Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Suwarto MS. mengucapkan selamat atas Dies Natalis Fapet yang ke-54 dan selamat atas prestasi-prestasi yang telah dicapai, Rektor juga sangat mengapresiasi target kinerja Fapet Unsoed yang sangat bagus. Selain itu Rektor mengungkapkan  “seandainya Fapet Unsoed boleh jadi Fakultas berbadan hukum syarat telah terpenuhi, karena Perguruan Tinggi untuk  bisa berbadan hukum akreditasi prodi minimal 40% (A)” guraunya.

Pada kesempatan tersebut, juga diisi dengan penandatangan kerjasama antara Fapet Unsoed dengan 8 Dinas Peternakan Kabupaten di Jawa Tengah, dan 3 SMK. Kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Banjarnegara, Batang, Brebes, Grobogan, Kebumen, Pemalang, Purbalingga, dan Sukoharjo. Sedangkan dari SMK yaitu SMKN 1 Kalibagor Kab Banyumas, SMK NU Kab Temanggung, dan SMKN 2 Kab Purbalingga.

Maksud dari penandatangan kerjasama tersebut adalah untuk peningkatan kerjasama penerapan hasil penelitian dan inovasi teknologi Fakultas Peternakan Unsoed. Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk memanfaatkan fasilitas, hasil-hasil penelitian, dan inovasi teknologi serta data informasi yang dimiliki kedua belah pihak untuk meningkatkan pembinaan peternak dan produksi usaha peternakan diwilayah kerja Dinas Pertanian dan Perikanan. Sedangkan bagi SMK adalah untuk meningkatkan pembinaan inovasi teknologi peternakan di SMK.

Acara Tasyakuran di tandai dengan pemotongan tumpeng oleh Dekan Fapet yang selanjutnya diberikan ke Dosen Senior Prof. Dr. Ir. Wardhana Suryapratama, MS. Selain itu pengumuman pemenang Lomba Kebersihan dan Kenyamanan Ruangan, Orasi Ilmiah yang dipaparkan oleh Dr. Ir. Agus Susanto, M.Sc, Agr dan Pemberian Cinderamata kepada empat pegawai yang masuk masa pensiun (Purna Tugas) di Tahun 2019, Ir. Paulus Suparman, MP (Dosen), Dra. Lestari Rahajeng, Siti Anisah, dan Restu Buntoro (Tendik).  

Acara Tasyakuran di tutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Drs. Muhammad Kifni, yang dilanjutkan jamuan makan siang bersama di Gazebo Fapet Unsoed.