Skip to main content
x

Teaching / Experimental Farm Fapet Unsoed, Terima Kunjungan Siswa TK Dan PAUD "IBNU KATSIR"

Fapet.unsoed.ac.id- Teaching Farm / Experimental Farm (Exp.Farm) Fakultas peternakan (Fapet) Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto kembali menerima kunjungan dari anak-anak Taman kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ibnu Katsir pada Kamis, (17/11).

TK dan PAUD IBNU KATSIR yang beralamat di Perum Firdaus Estate Sokaraja berkunjung ke Experimental Farm (Exp.Farm) atau Teaching Farm Kegiatan outdoor studi merupakan puncak tema yang merupakan puncak dari pembelajaran keluar kelas (outing class), dengan mengangkat tema “Binatang”. Kegiatan tersebut yang diikuti oleh segenap siswa-siswi yang didampingi oleh empat guru dan wali murid.

Rombongan murid-murid TK Ibnu Katsir diterima oleh Sekretaris Teaching Farm Annistia Rahmadian Ulfah, S.Si., M. Si, didampingi Oleh pengelola kandang, tim website dan tiga mahasiswa yang merupakan pawang kandang. Pada kesempatan itu Annistia menyambut rombongan anak-anak TK&PAUD Ibnu Katsir, selamat datang ke Exp-Farm adik-adik, sekarang adik-adik sudah sampai dikandang sebentar lagi akan di pandu dengan kakak-kakak mahasiswa melihat-lihat hewan yang ada di sini.

Selanjutnya Annistia juga menyampaikan terimakasih kepada Kepala Sekolah dan Guru TK Ibnu Katsir atas kunjungannya, kami senang atas kunjungan rombongan dari murid-murid TK/Paud/SD, semoga dengan kunjungan ke Exp-Farm anak-anak akan lebih mengenal hewan ternak yang ada di sini dan akan menambah pengetahuan bagi murid-murid TK Ibnu Katsir.

Selanjutnya pawang kandang memandu para siswa TK dan PAUD berkeliling kandang untuk mengenalkan berbagai hewan ternak yang ada di Exp.farm, seperti Sapi, Kambing, Domba, Angsa dan Ayam. dimulai dari kandang sapi perah para siswa melihat langsung seperti apa sapi perah, serambi mengawal anak-anak untuk memberikan makan sapi, pawang menjelaskan jenis sapi yang dilihatnya,

 “adik-adik ini namanya sapi perah, kalau dilihat dari ciri khasnya yaitu berwarna hitam dan putih serta berbadan besar. Dari jenisnya sapi perah itu adalah Sapi Peranakan Friesian Holstein (PFH)” jelas komarudin.

Selanjutnya kelompok murid TK dan PAUD Ibnu Katsir diajak melihat sapi jenis pedaging, dengan berjalan mengililingi kandang, pawangpun kembali menjelaskan jenis sapi yang ada dikandang tersebut. “ada yang tau ade-ade ini sapa apa yah? tanya sang pawang.

Dari suara keceriaan anak-anak, ada yang menjawab sapi perah, pawang kembali menjelaskan, kalau yang paling besar itu namanya sapi jenis limousin, kalau yang cokelat itu sapi bali dan ada juga sapi madura serta yang putih itu namanya sapi peranakan ongole (PO)” ucapnya.

Tak sampai disitu, para siswa juga bergeser ke tempat kandang kambing, dikandang kambing ada jenis kambing senon, kambing jawarandu, peranakan etawa.

Kepala Sekolah TK&PAUD Ibnu Katsir, Eka Nurizka, S.Psi, MA yang didampingi guru kelas Nur wijayanti,, S.E saat diwawancarai tim web Fapet mengatakan, kegiatan outdoor study merupakan kegiatan rutin yang dilakukan kepada anak didik kami. Dengan adanya kunjungan ke Exp.farm Fapet Unsoed Tujuannya adalah agar anak-anak dapat berinteraksi dengan hewan ternak dan tau apa jenis hewan ternak serta apa yang dihasilkan dari hewan ternak tersebut.

“Karena anak-anak untuk dapat secara langsung dapat mengenali binatang sesuai tema perlu bukti yang nyata, tidak hanya mengetahui secara visual baik itu gambar, video ataupun dari sebuah replika. Terlebih anak-anak zaman sekarang mulai bergeser asyik bermain game melalui gadget”, Jelas Kepala Sekolah TK Ibnu Katsir.

Setelah para siswa selesai berkeliling kandang para siswa untuk beristirahat dan duduk sambil minum Susu Sapi murni Bersama.