Skip to main content
x

Teaching&Experimental Farm Fapet Unsoed Jadi Tempat Edukasi SD IT Harapan Bunda

Fapet.unsoed.ac.id – Teaching&Experimental Farm (Exfarm) Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto kembali menerima kunjungan dari Sekolah Dasar (SD) Islam Terpadu (IT) Harapan Bunda Puwokerto Senin (12/9/2022).

Kedatangan Siswa SD IT Harapan Bunda di Teaching&Exfarm disambut oleh Ketua Exfarm Ir. Nur Hidayat, M.Si, IPM. Pada kesempatan itu Ir. Nur menyampaikan selamat datang ke Teaching Farm Fapet Unsoed dan juga terimakasih atas pilihan siswa SD IT Harapan Bunda untuk melihat langsung bagaimana Peternakan di Teaching&Exfarm Fapet itu sendiri.

Lebih lanjut Ir. Nur Mengatakan, bahwa kondisi Exfarm saat ini masih proses pembangunan, dalam pengembangan baik di area Teaching&Exfarm lama ataupun pada lahan baru yang berada di sebelah timur, sehingga kondisi jalan berlumpur setelah  tiga hari hujan deras di tambah kepadatan armada pengangkut material yang hilir mudik bongkar material..

“Rencana pembangunan Exfarm mengarah pada pola Smart Farm, yang nantinya Teaching Farm&Exfarm sebagai sarana penelitian yang lebih representative guna menunjang kegiatan penelitian dosen / mahasiswa, media praktikum mahasiswa yang nyaman yang telah dilengkapi dengan sentuhan tekhnologi modern serta dapat sebagai sarana edukasi bagi masyarakat terutama bagi anak-anak sekolah” jelasnya.

Sebelum para siswa SD IT Harapan Bunda masuk area Exfarm, siswa diberikan pengarahan dan dikelompokan menjadi 4 kelompok yang masing-masing kelompok di pandu oleh satu orang pawang kandang (mahasiswa), serta di dampingi guru pendamping. Setelah pengarahan, mereka di ajak keliling untuk melihat hewan ternak serambi memberikan penjelasan.

Mereka tampak gembira dan sangat antusias melihat hewan ternak berkeliling secara bergantian, dimulai kelompok pertama memasuki ke area kandang Sapi Perah, jenis sapi perah yang ada di Exfarm adalah jenis Peranakan Friesian Holstein (PFH), kelompok lainnya melihat Sapi Pedaging yang terdiri dari Sapi Peranakan Ongole (PO), Limosin, Simental, Madura dan sapi Bali.

Tak ketinggalan pawang kandang juga mengajak ke kandang kambing perah yang terdiri dari beberapa jenis Peranakan Etawa (PE), Jawarandu, Saanen dan Domba Garut. Selanjutnya mereka bergeser ke kandang close house untuk melihat ayam petelur berjenis ISA Brown serambi siswa turut membantu pawang kandang memanen telur yang turun dan mengumpulkan pada box telur yang tersedia.

Setelah meraka berkeliling di area Teaching&Exfarm induk para siswa beristirahat dengan berkumpul di depan exfarm serambi menyimak sambutan penutup yang disampaikan oleh Sekretaris Teaching&Exfarm drh. Diana Indrasanti, M.Biotech. Serambi mendengarkan penjelasan para siswa duduk beristirahat sambil menikmati susu sapi olahan produk Exfarm.

Drh. Diana menyampaikan, bahwa para siswa dipersilahkan meneruskan kegiatan edukasi sebagai rute akhir adalah melihat ke lahan Exfarm yang sedang dikembangkan sebagai Smart Farm yang terdapat kandang tertutup ayam pedaging (broiler) di kandang close house berkapasitas 10.000 ekor.

Penanggung jawab kunjungan edukasi SD IT Harapan Bunda di pimpin oleh Ustadz RIfa Rizal, S.Pd, beserta 9 guru pendamping lainnya. Menurut salah satu guru pendamping anak berkebutuhan khusus Nisrina Nazihatunnisa, S.Psi mengatakan, Tujuan kegiatan ke Exfarm dalam rangka memperkenalkan para siswa jenis hewan ternak dan hasil ternak serta metode pengolahannya. Selain itu kunjungan tersebut juga dalam rangka mengisi kegiatan siswa-siswi setelah pelaksanaan ulangan sekolah.

“Setelah test selesai, untuk mengisi kegiatan outing class kita ajak anak untuk melihat Peternakan di Fapet Unsoed untuk edukasi,” terangnya saat ditemui di sela-sela kesibukannya mendampingi siswa keliling Exfarm.