Skip to main content
x

Teaching&Experimental Farm Fapet Unsoed Kembali Terima Kunjungan Edukasi

fapet.unsoed.ac.id Teaching & Experimental Farm (Exfarm) Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto kembali menjadi pilihan sebagai tempat kegiatan (outing class) murid Sekolah Dasar Terpadu “Putra Harapan” Purwokerto pada hari Kamis, (22/9/2022).

Sebanyak 89 siswa SD Terpadu Putra Harapan mengikuti kegiatan outing kelas, dalam kunjungannnya rombongan siswa dipimpin oleh Kepala Sekolah SD Putra Harapan, Yayuk Rafingah Alhghozali, S.Pd, yang didampingi oleh Koordinator level 3 Ani Setiyawati, S.Pd.I beserta delapan guru kelas dari masing-masing bidang.

Ketua Teaching&Exfarm Ir. Nur Hidayat, M.Si, IPM didampingi oleh Annistia Rahmadian Ulfah, S.Si., M. Si dosen laboratorium Kesehatan Hewan menyambut kedatangan rombongan, pada kesempatan itu ketua exfarm menyampaikan selamat datang ke Teaching&Exfarm Fapet Unsoed, terimakasih atas pilihan SD Terpadu Putra Harapan untuk melihat langsung bagaimana kondisi di Teaching&Exfarm Fapet Unsoed yang merupakan kandang sarana pendukung pendidikan dan sebagai tempat penelitian dosen, mahasiswa serta sebagai sarana untuk praktikum mahasiswa.

“Selain sebagai pendukung pendidikan di intern kampus, Teaching Farm juga kerap dijadikan sebagai wahana edukasi bagi masyarakat sekitar”, paparnya.

Lebih lanjut Ir. Nur Mengatakan, bahwa kondisi Exfarm saat ini masih proses pembangunan, sehingga kondisinya sedikir semrawut, sebab Rencana pembangunan Exfarm mengarah pada model Smart Farm, yang nantinya Teaching Farm&Exp dengan sentuhan tekhnologi modern dan dirancang sebagai tempat edukasi yang menarik bagi masyarakat.

“Penambahan jenis hewan juga akan lebih banyak terutama pada hewan ternak unggas. Kedepannya akan ada ternak ayam, dari ayam sentul, cemani, ayam ketawa dan ayam jawa”, pungkasnya.

Mereka terlihat gembira dan sangat antusias saat menuju lokasi kandang Sapi Perah dan sapi pedaging. Sebelum mereka memasuki area kandang, rombongan siswa diberi pengarahan dan dikelompokan untuk dipandu pawang kandang berkeliling melihat hewan ternak yang ada di teaching farm, dengan dipandu oleh pawang kandang dari mahasiswa. Pawang adalah singkatan “Paguyuban Mahasiswa Kandang”. Ada tiga mahasiswa (pawang) yang mengarahkan rombongan dari SD Terpadu Putra Harapan antara lain ; Amirudin, Umarudin dan Muhamad Syafiq Sosiawan.,

Siswa SD Terpadu Putra Harapan berkeliling dengan 3 kelompok, kelompok pertama dimulai dari melihat Sapi Perah jenis Peranakan Friesian Holstein (PFH), kelompok lainnya melihat Sapi Pedaging yang terdiri dari Sapi Peranakan Ongole (PO), Limosin, Simental, Madura dan sapi Bali.

Tak ketinggalan pawang kandang juga mengajak ke kandang kambing perah yang terdiri dari jenis Peranakan Etawa (PE), Jawarandu, Saanen dan Domba Garut dan terus bergeser ke kandang close house untuk melihat ayam petelur berjenis ISA Brown serambi siswa turut membantu pawang kandang memanen telur yang turun ke bagian depan dan mengumpulkan pada box telur yang tersedia.

Kegiatan outing class dipimpin oleh Kepala Sekolah SD Terpadu Putra Harapan, Yayuk Rafingah Alhghozali, S.Pd, yang didampingi oleh Sembilan guru kelas lainnya. Pada kesempatan itu kepala sekolah didampingi oleh Koordinator level 3 Ani Setiyawati, S.Pd.I menyampaikan kunjungan rombongan murid-murid SD Terpadu Putra Harapan sebagai salah satu kegiatan outing class sesuai dengan tema/materi yang sedang dipelajari.

“Outing class merupakan program unggulan agar siswa belajar di alam nyata untuk melihat, mengamati dan melaksanakan learning by doing sehingga pembelajaran lebih bermakna dan siswa dapat menerapkan nilai-nilai kasih sayang terhadap lingkungan hidup”, jelas Kepala Sekolah.

Tujuan adanya kunjungan edukasi dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan para siswa  berkaitan dengan Hewan Ternak dan Hasil Ternak kepada para siswanya, Yayuk Rafingah mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka mengisi kegiatan siswa-siswi setelah pelaksanaan ulangan sekolah.

“Habis ulangan sudah selesai, untuk mengisi waktu kita ajak anak untuk melihat hewan di lingkungan kebun edukasi,” terangnya saat ditemui di sela-sela kesibukannya mendampingi siswa-siswanya,