Skip to main content
x

Tingkatkan SDM Berkompeten, Fapet Unsoed Menyelenggarakan Lokakarya Perencanaan Dan Pengembangan

Fapet.unsoed.ac.id - Pentingnya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan upaya mengimbangi pesatnya kemajuan teknologi yang terus berkembang. SDM sebagai aset organisasi dengan harapan SDM dapat memberikan kontribusi optimal dalam mencapai tujuan organisasi dalam hal ini dalam mendukung pencapaian Indek Kinerja Utama (IKU) Fakultas Peternakan (FAPET) Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), hal ini sejalan dengan pola pengembangan SDM berdasarkan PermenPAN RB 38/2017. 

Demi meningkatkan pelayanan prima dan untuk meningkatkan SDM yang berkompeten dikalangan Tenaga Kependidikan, Fapet Unsoed menyelenggarakan Lokakarya Perencanaan Dan Pengembangan, Sistem Pendukung Pencapaian IKU Fapet Unsoed pada Sabtu – Minggu, 17 - 18 Septemberr 2023 yang di lakasanakan di Hostel Tani Jiwo dikawasan Dataran Tinggi Dieng Kabupaten Banjarnegara.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Herina Indrihastuti, S.Pt, M.Si, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banjarnegara dan Mochamad Sugiarto, S.Pt, M.M, Ph.D  Wakil Dekan Bidang Umum&Keuangan Fapet Unsoed.yang diikuti oleh 42 staf kependidikan.yang didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Ir. Novie Andri Setianto, S.Pt, M.Sc, Ph.D, IPU.

Pada kesempatan itu Wakil Dekan Bidang Umum&Keuangan Mochamad Sugiarto, S.Pt, M.M, Ph.D menyampaikan kegiatan lokakarya dalam rangka menngkatkan kinerja tenaga kependidikan Fapet Unsoed. Kinerja Fapet Unsoed dilihat dari 8 Indikator Kinerja Utama  (IKU), kenapa Tendik perlu ditingkatkan kapasitasnya karena tendik itu menjadi satu elemen yang penting bersama-sama dengan dosen dan mahasiswa dalam rangka meningkatkan pencapaian mulai dari Indikator utama sampai indikator kedelapan

“Perguruan tinggi menjadi sektor yang memegang peranan sangat penting dalam pembangunan, pendidikan merupakan sarana mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas dan unggul. Penguasaan teknologi dan pemanfaatan serta pengelolaan potensi sumberdaya manusia secara berkelanjutan merupakan kebutuhan yang menjadi harapan masyarakat maupun pemerintah” jelas WD II.

Lokakarya ini bertujuan untuk mewujudkan pegawai yang berintegritas, profesional, akuntabel dan dalam rangka meningkatkan kapasitas tendik fapet dalam memberikan pelayanan kepada dosen, mahasiswa dan masyarakat.

Melihat tantangan global saat ini, tenaga kependidikan diharapkan dapat mengantisipasi berbagai perubahan pada taraf pendidikan tinggi. Wakil Dekan II berharap, “tenaga kependidikan tidak sekadar hanya merespon, namun memiliki inisiatif untuk mengantisipasi sekaligus memprediksi tantangan apa yang akan muncul ke depannya. Tenaga kependidikan menjadi salah satu pilar penting penggerak perubahan. Diharapkan lokakarya ini dapat memberikan pemahaman, motivasi dan perubahan yang melahirkan inisiatif, produktifitas serta kreatifitas”, tegasnya.

Diharapakan setelah lokakarya teman-teman tenaga kependidikan punya rumusan bagaimana meningkatkan pelayanan kepada dosen, mahasiswa dan masyarakat akan mampu memberikan dampak positif untuk kemajuan Fapet Unsoed

Narasumber selanjutnya Herina menyampaikan sumber daya manusia menjadi salah satu indikator yang dapat mendukung perkembangan pada instansi karena disamping hal tersebut akan didukung dengan adanya capacity building yaitu untuk memperkuat kapasitas individu, kelompok atau organisasi yang dicerminkan melalui pengembangan kemampuan, keterampilan, potensi dan bakat serta penguasaan kompetensi sehingga individu, kelompok atau organisasi dapat bertahan dan mampu mengatasi tantangan

Materiil yang memotivasi para peserta untuk bekerja dengan tujuan yang jelas dengan ketekunan, kesabaran untuk mencapai target-target individu yang telah ditanamkan oleh masing-masing peserta yang pada akhirnya target-target individu dapat mewujudkan tujuan/target dari institusi.

capacity building yaitu untuk memperkuat kapasitas individu, kelompok atau organisasi yang dicerminkan melalui pengembangan kemampuan, keterampilan, potensi dan bakat serta penguasaan kompetensi-kompetensi sehingga individu, kelompok atau organisasi dapat bertahan dan mampu mengatasi. Kegiatan lokakarya ini dimaksudkan untuk relaksasi atau menurunkan ketegangan yang selama ini dirasakan tendik sehingga diharapkan setelah kegiatan ini tendik mendapatkan energi baru agar bisa berlari lebih cepat untuk mencapai target-target yang telah di tentukan.

Loakakarya tersebut dilaksanakan tidak secara materi saja, hari kedua peserta menjalani kegiatan dilapangan. Kegiatan outdoor dilaksanakan di area lapangan candi arjuna dengan arahan mentor kegiatan di desain menjadi dua tujuan yang dikemas dalam satu kegiatan sekaligus. Pertama kegiatan olahraga yang dikolaborasikan dengan penyatuan pola kerjasama yang di implementasikan antar peserta dalam menjaling kerjasama dalam mencapai target yang telah ditentukan bersama.

Turut hadir dalam acara Lokakarya diantaranya Wakil Dekan Bidang Umum&Keuangan, Wakil Dekan BIdang Akademik, Ir Novie Andri Setiato, S.Pt, M.Sc, Ph.D, IPU, Koordinator Sub. Bagian Tata Usaha, Dra. Wiwik WInarni, M.M dan Sub Koordinator Bidang Akademik&Kemahasiswaan, Anton Timur Wastoni, S.TP, M.P, serta Mudiono, A.Md, Sub. Koordinator Umum&Kepegawaian Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banjarnegara.