Skip to main content
x

TPID Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen Laksankan Studi Banding Di Fakultas Peternakan Unsoed

fapet.unsoed.ac.id. Rabu, 25/9/2019 TPID (Tim Pelaksana Inovasi Desa) Kecamatan Mirit berkunjung dalam rangka Studi Banding ke Fakultas Peternakan Unsoed. tujuan Studi Banding tersebut adalah dalam rangka tindak lanjut dari kegiatan Program Inovasi desa bidang peternakan dikecamatan Mirit Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Rombongan yang terdiri dari Camat, Pendamping Desa, Pendamping Loka Desa,  Ketua BKAD, Kades, TPID Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen.

Rombongan tiba diFakultas Peternakan pukul 09.30 WIB disambut oleh Ir. Ibnu Hari Sulistyawan, M.Sc (Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan), drh. Sufiriyanto, MP (Ketua Experimental Farm) Dr. Ir. Agustinah Setyaningrum, MP (Ketua Bagian Produksi Ternak), Dr. Ir. Krismiwati Muatip, M.Si (Ketua Bagian Sosial Ekonomi Peternakan) dan Dra. Lestari Rahajeng (Kepala Bagian Tata Usaha).

Acara dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dalam sambutannya ia menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan kepercayaannya TPID Kecamatan Mirit untuk berkunjung dan berbagi pengalaman tentang bidang peternakan. Sejalan dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang. Pada kesempatan itu wakil dekan menyampaikan tentang pola sistem pemeliharaan ternak Experimental Farm Fakultas Peternakan juga terkait sarana untuk pembelajaran mahasiswa untuk tempat penelitian baik untuk penelitian dosen ataupun, mahasiswa. Untuk pemaparan tentang pengelolaan dan pemeliharaan ternak dan hasil ternak di Fapet unsoed wakil dekan menyampaikan ada dua narasumber dari bidang kesehatan dan bidang produksi ternak yang akan memberikan pemaparan.

Sambutan selanjutnya dari TPID Kecamatan Mirit  yang disampaikan oleh Camat Mirit Ir. Kotib, dalam sambutannya camat menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada TPID sehingga kegiatan study banding ke Fapet Unsoed bisa terlaksana. Selain itu camat juga menyampaikan maksud dan tujuan adanya kegiatan Studi Banding TPID tersebut adalah program untuk mendukung pembangunan desa yang lebih kreatif dalam mendorong pengembangan ekonomi lokal dan pengembangan sumber daya manusia. Dalam rangka percepatan pelaksanaan program inovasi desa, pada tingkat kecamatan akan dibentuk Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID). Selain itu juga untuk tindak lanjut kegiatan TPID untuk menjadi motivator dalam memberikan motivasi untuk menularkan ilmu dan pengetahuan bidang peternakan kepada peternak dikecamatan mirit.

Acara dilanjutkan sesi pemaparan bidang ilmu produksi ternak yang di sampaikan oleh Ketua Bagian Produksi Ternak Dr. Ir. Ning Agustinah Setyaningrum, MP. dalam pemaparannya dengan judul  “Desain Pengelolaan Feses Sapi PO Kebumen Di Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen”. Untuk sesi kedua pemaparan bidang kesehatan disampaikan oleh drh. Sufiryanto, MP dengan judul “Budidaya Ternak Sapi Potong”. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tentang sapi potong, yang dimoderatori oleh Dr Ir. Krismiwati Muatip, M.Si.

Sesi selanjutnya adalah kunjungan ke exfarm atau teaching farm yang terletak tidak jauh dari kampus Fapet Unsoed, di Experimental Farm peserta study banding dipandu drh. Sufirianto, MP, melihat kandang sapi perah, sapi potong, kambing, domba, Ayam Petelur dan Pedaging dengan sistem pemeliharaan dikandang Close House. Di exfarm peserta juga diajak melihat sumber biogas yang berasal dari limbah ternak sapi yang diolah menjadi biogas untuk digunakan sebagai bahan bakar dan untuk bahan pembuatan pupuk organik cair.

 

The website encountered an unexpected error. Please try again later.
Drupal\Core\Database\DatabaseExceptionWrapper: SQLSTATE[42000]: Syntax error or access violation: 1142 INSERT, UPDATE command denied to user 'c1newfapet'@'localhost' for table 'cache_data': INSERT INTO {cache_data} (cid, expire, created, tags, checksum, data, serialized) VALUES (:db_insert_placeholder_0, :db_insert_placeholder_1, :db_insert_placeholder_2, :db_insert_placeholder_3, :db_insert_placeholder_4, :db_insert_placeholder_5, :db_insert_placeholder_6) ON DUPLICATE KEY UPDATE cid = VALUES(cid), expire = VALUES(expire), created = VALUES(created), tags = VALUES(tags), checksum = VALUES(checksum), data = VALUES(data), serialized = VALUES(serialized); Array ( [:db_insert_placeholder_0] => preload-paths:/node/478 [:db_insert_placeholder_1] => 1573919101 [:db_insert_placeholder_2] => 1573832701.412 [:db_insert_placeholder_3] => [:db_insert_placeholder_4] => 0 [:db_insert_placeholder_5] => a:1:{s:2:"en";a:4:{i:0;s:9:"/node/478";i:1;s:16:"/node/478/delete";i:2;s:14:"/node/478/edit";i:3;s:19:"/node/478/revisions";}} [:db_insert_placeholder_6] => 1 ) in Drupal\Core\Path\AliasManager->writeCache() (line 144 of core/lib/Drupal/Core/Path/AliasManager.php).