Skip to main content
x

Ujian Tengah Semester (UTS) Pada Semester Gasal 2020/2021 Fapet Unsoed Selenggarakan Secara Daring

fapet.unsoed.ac.id Sejak merebaknya pandemi covid-19 pemerintah mendorong perguruan tinggi dan sivitas akademika dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menggunakan metode Proses pembelajaran dilaksanakan dengan melakukan physical distancing Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) / sistem Dalam Jaringan (Daring), hal tersebut untuk meredam penyebaran Covid-19 berkembang kembali dalam menjaga stabilitas nasional dalam proses menuju New Normal.

Dalam upaya meredam penyebaran Covid-19 menuju new normal Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Fapet Unsoed) menyelenggarakan Ujian Tengah Semester (UTS) Rabu, 21 Oktober –  Senin, 9 Nopember 2020 secara daring. Pelaksanaan ujian dilaksanakan setiap hari mulai hari senin - jum’at yang terbagi menjadi 4 sesi dalam sehari. dan dalam sehari mata kuliah yang di ujikan rata-rata sebelas matakuliah.

Koordinator Ujian Ir. Nunung Noor Hidayat, MP menyampaikan, Ujian Tengah  Semester (UTS)) dilaksanakan dengan sistem daring, dari hasil pantauan koordinator dan satgas UTS sampi hari terakhir permasalahan teknis semakin menurun. Dari mulai penyedia jaringan internet kian merata, apa lagi pemerintah menggandeng provider bekerjasama dalam pemberian kuota paket data untuk menunjang keberlangungan KBM secara daring. Sehingga tidak lagi ada alas an mahasiswa dalam proses pengerjaan soal terhambat karena sinyal internet yang labil.

Koordinator menambahkan  melalui Surat Keputusan Rektor Nomor 649/UN23/RT 04.04/2020 tentang Pemberian Bantuan Pulsa Pembelajaran dari Rumah (Study From Home) secara Daring. Khusus untuk penerima beasiswa Bidikmisi, mahasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi dan mahasiswa Pendidikan Menengah dari Papua, Beasiswa Transmigran dan Mahasiswa yang termasuk pada kategori Uang Kuliah Tunggal (UKT) level I  mendapat bantuan berupa paket data senilai 100.000 sehingga mahasiswa dapat belajar atau ujian dengan lancar dan terakomodir dengan baik” tambahnya.

Selain itu dalam menunjang KBM di tengah pandemic, pemerintah melaui surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan nomor surat 8202/C/PD/2020  tentang Program Pemberian Kuota Internet Bagi Peserta Didik. Kuota untuk dosen dan mahasiswa sebesar 50 GB perbulan dan Pemberian kuota internet gratis akan berlangsung September-Desember 2020

Sekretaris ujian Dr. Ir. Agus Susanto, M.Sc, agr, menyampaikan “Ujian Tengah Semester Gasal 2020/2021 dilaksanakan secara daring dengan metode soal berbentuk Muliple Choice dan esay. Untuk soal dengan multiple choice telah menggunakan aplikasi E-LDirU, sebuah program yang mampu mendeteksi jawaban secara otomatis dan program tersebut dapat langsung mereport hasil atas  jawaban  peserta ujian, tergantung bagaimana pengampu matakuliah dalam menyetel pola kunci jawabannya, bila kunci dibuka peserta ujian setelah selesai mengerjakan dan mengklik kirim, secara otomatis akan dapat mengetahui nilai / hasil dari pilihan jawaban yang di isikan“ jelasnya.

Prosedur tata pelaksanaan  pembuatan soal,dan  unggah soal di pantau oleh masing-masing Ketua Bagian dan Satuan Tugas Ujian. Dalam pelaksanan dosen pengampu mata kuliah wajib mempersiapkan soal ujian yang selanjutnya dikoreksi Ketua Bagian yang selanjutnya akan dikembalikan lagi ke masing-masing dosen untuk siap di sajikan secara daring, dapat melalui platform google meet, eLdiru (e-learning Jenderal Soedirman University) dan Whatsapps Group sesuai jadwal yang telah ditentukan dapat melalui platform google meet, eLdiru (e-learning Jenderal Soedirman University) dan Whatsapps Group” lanjutnya.

"Metode Pelaksanaan dalam memberikan soal UAS dilakukan tergantung dosen pengampunya dalam menentukan sistem pelaksanaan ujian secara daring, menggunakan fasilitas telekonferensi dengan platform Google Meet, Zoom dan WG" jelasnya.