Skip to main content
x

Upaya Tingkatkan Mutu Layanan Pendidikan fapet Unsoed Melakasanakan Monitoring dan Evaluasi Bidang AKademik dan Non AKademik

fapet.unsoed.ac.id – Upaya meningkatkan Mutu layanan pendidikan Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Rabu, 8/9/20 menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Akademik dan Non Akademik. Monev berlangsung mulai pukul 09.00 WIB bertempat di Ruang 207. Monitoring dan Evaluasi dihadiri oleh Dekan beserta para Wakil Dekan, Para Ketua Bagian, para Koorprodi dan dosen Fapet Unsoed.

Dalam kesempatan tersebut Dekan Fapet Unsoed membuka acara tersebut sekaligus menyambut kegiatan Monev tersebut. Monev merupakan Monitoring dan Evaluasi Akademik dan Non Akademik merupakan salah satu upaya dalam proses penjaminan mutu untuk meningkatkan potensi dan kompeternsi di Fakultas,

Dekan menyampaikan mandat dari rektor mengenai target kinerja rektor ke menteri, dan dekan dengan rektor itu bagian dari proses penilaian clusterisasi, karena klasterisasi berbeda dengan tahun lalu. “Unsoed perlu melakukan evaluasi untuk meningkatkan manajemen dan tata kelola dalam upaya memperbaiki posisi yang lebih baik. Melalui kontrak Kinerja upaya unit Fakultas untuk dapat memenuhi target sesuai dengan kontrak kinerja yang telah ditetapkan, sehingga bisa meningkatkan  clusterisasi yang ada pada Pangkalan Data Pendidikan TInggi” ungkapnya,   

Selanjutnya “Tujuan klasterisasi adalah merumuskan dari kualitas perguruan tinggi yang telah terdokumentasi di Pangkalan Data  Pendidikan Tinggi (PDPT). Selanjutnya melakukan telaah clusterilisasi berdasarkan perdiri tertentu untuk kepentingan pembinaan Perguruan Tinggi. Membangun Landasan bagi Kemendikbut dan Perguruan Tinggi untuk melakukan perbaikan secara terus menerus dalam rangka meningkatkan performa dan kesehatan organisasi” paparnya.

Monev dan penjaminan mutu menjadi hal krusial yang wajib kita lakukan karena tanpa melakukan monitoring dan evaluasi apa yang telah kita lakukan sudah sesuai dengan target kinerja, /sdh memenuhi persyaratan mutu atau belum, karena Fapet Unsoed ada rencana untuk mengajukan akreditasi unggul. terkait akreditasi Merupakan instrument Suplemen Konversi (ISK). Indikator klasterisasi Sistem Informasi Kinerja Individu (SIKI). Kesehatan organisasi dapat dinilai nari good government, tata kelola. Bagaimana tata kelola di Fapet Unsoed yang transparan

Dekan mengajak para ketua Bagian, para koordinator Program Studi untuk saling berkordinasi dalam rangka mengakselerasikan visi, misi sesuai target kinerja yang telah ditetapkan agar dapat mencapai penjaminan mutu yang baik, agar kedepannya Fakultas dapat mengajukan akreditasi unggul” ungkapnya.

Wakil Dekan Bidang Akademik Novie Andri Setianto, S.Pt, M.Sc, Ph.D, menyampaikan capain yang telah di laksanakan di bidang Akdemik, diantaranya adalah  proses penerimaan mahasiswa baru. mahasiswa terdaftar di Fapet Unsoed terdiri dari 1548 mahasiswa, jumlah mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 313 mahasiswa terdiri dari Program S1 = 190 ditambah mahasiswa baru melalui Progam Alih Jenjang sejumlah 15 orang, Program D3 Budidaya Ternak sebanyak 92 mahasiswa, Program S2 sejumlah 26, dan untuk Program S3 masuk 2 mahasiswa.

Beliau juga menyampaikan prosentasi metode perkuliahan dimasa pandemi melalui kuliah Daring yang menggunakan eLDiru 36.8%, emallui platform Google Classroom 64.% dan melalui Whatsapp 27.94. selain itu capaian dari bidang akademik Indek Prestasi Akademik semester genap lebih dari 3.25 terdiri 547 orang atau 66%, untuk semester genap tahun lalu 40%. Untuk lulusan tepat waktu 59.09% dari target 60%.

Wadek Bidang kemahasiswaan dan Alumni menyampaikan capaian melalui output lulusan, proses kerjasama perekrutan dengan pihak industr dalam upaya menyerap lulusan Fapet Unsoed, penangan pandemic covid-19, implementasi melalui program bantuan kuota internet kepada mahasiswa yang terdampak batasan lingkungan. Bantuan sembako kepada mahasiswa, petugas kebersihan, petugas keamanan dan penjaga (tenaga Kontrak) yang ada dilingkungan Fapet Unsoed.

Setelah para Wakil Dekan dilanjutkan Ketua Bagian terkait kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan, selain itu melalui koordinator Ketua Bagian juga menyampaian capaian terkait Kerjasama antar lembaga pemerintah dan juga pihak perusahaan. Kegiatan monev diakhiri oleh laporan capain masing-masing koorprodi.