Skip to main content
x

Yudisium dan Pelepasan Mahasiswa Program S1 dan S2 Fakultas Peternakan Periode Wisuda Desember 2019

 

Fapet.unsoed.ac.id, Bertempat di Ruang Seminar I Fapet Unsoed, 20/11/2019 Fakultas Peternaka Unsoed menggelar Yudisium dan Pelepasan Periode Wisuda Desember Tahun 2019. Fapet berhasil meluluskan mahasiswa sebanyak  65 mahasiswa,  yang terdiri dari Program S1 sebanyak 63 mhasiswa dan mahasiswa program S2 sebanyak 2 mahasiswa.

Sampai periode sekarang Fakultas Peternakan Unsoed telah meluluskan Sarjana Program S1 sebanyak 6141, sedangkan untuk Program S2 sebanyak 140 mahasiswa yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia. waktu tempuh studi untuk jenjang Strata 1 rata-rata 50,39 bulan, sedangkan untuk mahasiswa program S2 sebanyak 2 mahasiswa dengan masa studi 32 bulan.

Ketua Panitia Yudisium Fakultas Peternakan Unsoed Dr. Ir. Bambang Hartoyo, M.Si mengucapkan selamat kepada calon wisudawan dan wisudawati yang telah berhasil melaksanakan pendidikan difapet tercinta, kami berharap setelah anda lulus nanti anda bisa bersaing pada dunia kerja, baik bekerja pada suatu lembaga, instansi swasta, instansi negeri, perusahaan perusahaan dan berharap tetap menjaga nama baik fakultas serta menjalin ikatan batin dengan fapet unsoed.

Ia melaporkan berdasarkan IPK rata-rata Program S1 3,01, dan untuk mahasiswa program S2 IPK rata-rata 3,54, sedangkan berdasarkan predikat kelulusannya untuk program S1 lulus dengan predikat lulus sebanyak 12 orang, memuaskan 16 orang, sangat memuaskan 33 orang, lulus dengan pujian sebanyak 2 orang, predikat kelulusan untuk S2 lulus dengan predikat memuaskan 1 orang, predikat sangat memuaskan 1 orang.

Dilihat dari indek prestasinya rata rata Program Sarjana IPK 3.01, untuk putri 3.08 dan putra 2.95. Lama studi S1 rata – rata 50.39 mahasiswa termuda pada saat ini Salma Dwi Yanti dan lulusan berprestasi pada periode Wisuda Desember Tahun Akademik 2019/2020 : Untuk Mahasiswa berprestasi dengan IPK Tertinggi S1 (3.81) Titi Widya Ningrum, Prestasi di Bidang Bahasa Inggris adalah Shifa Ayu Artdini dan

untuk Prestasi sebagai Mahasiswa Aktivis adalah  Hanief Riyadi, univia Gissa Chisara Ihsan yosinanda Sigar.

Kesan Pesan mahasiswa yang diwakili oleh Ihsan Yosinanda S mengatakan selama menimba ilmu difapet, banyak hal yang didapat, yang paling berkesan rasa kekeluargaan antar sesame teman mahasiswa, “kedekatan antar mahasiswa menjadikan rasa seperti saudara” katanya. karena kegiatan perkuliahan dari praktikum pagi pukul 04.00 WIB di kandang Experimental Farm sampai kuliah dan sore praktikum lagi sampai malam selalu bersama-sama.

Selain itu ihsan juga memberikan masukan terkait pelayanan pendidikan disaat menjadi mahasiswa aktif, baik berupa kritikan tentang pelayanan administrasi saat jam istirahat, terkait pelayanan pada jam kerja dan juga tentang pelayanan Pusat Informasi Ilmiah (Perpustakaan).

Namun ia juga mengatakan “kalau sekarang Fapet Unsoed jauh lebih baik dari pada saat ia baru masuk menjadi mahasiswa Fapet Unsoed. Baik dari sarana prasarana perkuliahan yang semakin baik, ruang kuliah menggunakan pendingin ruangan, sarana laboratorium yang semakin memadai dan juga perkembangan pada Experimental Farm” tuturnya.

Sambutan Dekan Fapet, pada sambutannya dekan mewakili semua civitas akademika mengucapkan  selamat atas kelulusan yang diperoleh oleh mahasiswa program Pascasarjana Magister Peternakan dan Program Sarjana Peternakan Fapet Unsoed, “selamat” ungkapnya. Dekan juga menitipkan pesan kepada  peserta yudisium untuk menyampaikan salam kami untuk orang tua dan mengucapkan terimakasih sudah menitipakan anak-anaknya atau mahasiswa kepada kami Fapet Unsoed.

Mudah-mudahan ilmu, teknologi, dan pengetahuan yang anda peroleh selama study di Fapet akan meningkatkan martabat, dan juga bisa menjadi tulang punggung bagi keluarga juga masyarakat di masa yang akan datang.

Dekan juga menyampaiakan terima kasih atas kritikan dan masukannya dari perwakilan mahasiswa, karena dekan sangat terbuka dalam menerima masukan, diharapkan kritikan dan masukan dari para mahasiswa untuk dijadikan pembelajaran dan perbaikan fapet unsoed dimasa yang akan datang.

Selain itu Dekan juga menyampaikan bahwasanya, Fapet Unsoed terus berusaha meningkatkan sarana dan prasana pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ia juga berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan akreditasi, untuk akreditasi Program Studi DIII, S1 dan S2 sudah terakrediasi “A”, sedangkan untuk Program S3 terakreditasi B, diharapkan assesmen selanjutnya program S3 akan meningkat. Akreditasi B untuk Program S3 merupakan langkah awal, karena untuk program S3 baru berdiri 3 tahun yang lalu.

Selanjutnya Sambutan juga disampaikan oleh ketua alumni Fapet unsoed Ir. Bambang Rijanto Japutra, M.Pt, pada sambutannya ia menyampaikan pesan akan tantangan pada kehidupan nyata setelah wisuda. “Tugas anda adalah meningkatkan swasembada pangan protein hewani untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakan Indonesia. Pada saat ini Indonesia masih kalah dengan Negara Vietnam, Laos dan Malaysia. Konsumsi protein hewani sekarang baru mencapai kisaran 7% per gram setiap harinya untuk per kapita” ungkapnya.

Acara Yudisium dan Pelepasan diahiri dengan sesi foto bersama antar pimpinan Fakultas dan peserta Yudisium dan Pelepasan Periode Wisuda Desember 2019.