Fapet Unsoed Selanggarakan Sekolah Kepemimpinan untuk Persiapkan Pemimpin Swasembada Protein Hewani Masa Depan

# # #

Fapet Unsoed Selanggarakan Sekolah Kepemimpinan untuk Persiapkan Pemimpin Swasembada Protein Hewani Masa Depan

Perguruan tinggi berperan penting dalam mencetak pemimpin masa depan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bidangnya. Fakultas Peternakan, sesuai dengan namanya berkewajiban untuk menghasilkan pemimpin yang mumpuni untuk mendorong swasembada protein hewani asal ternak. Menjawab kewajiban tersebut, Fapet Unsoed akan menyelenggarakan Sekolah Kepemimpinan tahun 2024. Kegiatan Sekolah Kepemimpinan akan dilaksanakan pada tanggal 19 dan 20 Oktober 2024 di Gedung B Fapet Unsoed.

Pembicara yang kompeten dalam bidangnya akan menjadi pembicara dalam Sekolah Kepemimpinan yang akan terbagi menjadi tiga sesi. Pembicara sesi pertama adalah Ir. Tian Jihadhan Wankar, S.Pt., M.Sc., Ph.D., IPP. Beliau adalah dosen Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada dari Departemen Sosial Ekonomi Peternakan, khususnya dari Laboratorium Agribisnis Peternakan. Bapak Ir. Tian Jihadhan Wankar, S.Pt., M.Sc., Ph.D., IPP. merupakan dosen muda yang sangat aktif dan memiliki banyak pengalaman organisasi, salah satunya adalah beliau pernah aktif di Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI). Pada sesi pertama beliau akan membawakan materi tentang dasar kepemimpinan untuk mahasiswa dan karakter pemimpin. Dengan harapan peserta akan memiliki jiwa dan karakter kepemimpinan yang kuat sebagai mahasiswa dan nanti setelahnya.

Pembicara kedua dalam sekolah kepemimpinan ini adalah Dr. Dyah Gandasari, S.P., M.M. Beliau saat ini merupakan kepala Unit Penjaminan Mutu (UPM) Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor. Beliau memiliki minat riset terhadap kelompok dan kelembagaan pertanian, termasuk dengan komunikasi dan kepemimpinan. Pada sesi kedua, beliau akan menyampaikan materi tentang komunikasi efektif dalam kepemimpinan. Mulai dari teknik komunikasi, mendengarkan, dan public speaking untuk seorang pemimpin. Harapan dari kegiatan ini adalah mahasiswa akan memiliki kemampuan untuk berbicara dengan baik sebagai pemimpin.

Pembicara terakhir adalah dosen internal Fakultas Peternakan Unsoed, yaitu Bapak Ir. Mochamad Sugiarto, S.Pt., M.M., Ph.D., IPU., ASEAN Eng. Beliau merupakan Wakil Dekan 2 Fakultas Peternakan Unsoed dan Sekretaris Jenderal Perhimpunan Ilmuwan Sosial Ekonomi Peternakan Indonesia (PERSEPSI). Materi yang akan beliau sampaikan adalah mengenai kepemimpinan inspiratif. Pemimpian swasembada pangan hewani harus mampu menginspirasi dan memotivasi produsen pangan hewani untuk terus produktif sehingga harapan seluruh masyarakat Indonesia untuk swasembada protein hewani tercapai.

Kegiatan ini total akan diikuti oleh 40 peserta yang sudah terdaftar. Dengan mengikuti kegiatan, diharapkan peserta akan memiliki karakter kepmimpinan yang kuat, kemampuan komunikasi yang efektif, serta mampu menginspirasi dan memotivasi orang lain.

  • Share

Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman