Lagi, Mahasiswa Fapet Unsoed Menjadi Delegasi CPBSA Batch IV di Thailand

# # #

Lagi, Mahasiswa Fapet Unsoed Menjadi Delegasi CPBSA Batch IV di Thailand

fapet.unsoed.ac.id – Jakarta, 4 Maret 2023, Dr. sc. Agr. Yusuf Subagyo, M.P. IPU mewakili dosen Fakultas Peternakan Unsoed menghadiri kegiatan Meet and Greet Program Charoen Pokphand Best Student Appreciation (CPBSA) Batch 4 di Hotel Holiday Inn Kemayoran, Jakarta. Dalam kegiatan ini para peserta berkumpul kembali dan berbagi pengalaman mengenai program yang telah dijalankan oleh peserta CPBSA Batch 4 yang sempat tertunda untuk pemberangkatan saat awal tahun 2020 lalu. CPBSA merupakan program beasiswa dari PT Charoen Pokphand yang diberikan kepada mahasiswa dari berbagai jurusan dari perguruan tinggi di Indonesia melalui beberapa tahapan seleksi. Ahmad Syarifudin adalah alumni Fapet Unsoed yang berhasil mendapatkan golden tiket trip ke Thailand di ajang CPBSA Batch 4 tahun 2020 silam.

Terdapat 24 mahasiswa dari berbagai universitas yang berhasil melewati serangkaian tahapan seleksi beasiswa CPBSA Batch 4. Mahasiswa yang terpilih merupakan mahasiswa dari beragam jurusan diantaranya Adalah Peternakan, Kedokteran Hewan, Teknologi Pangan, Tekhik Industry Agribisnis, Manajemen, Statistic, Teknik Informatika, Manajemen, dan Mikrobiologi dari beberapa universitas yaitu Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Andalas, Universitas Lampung, Institut Pertaninan Bogor, Sekolah Vokasi – IPB, Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Udayana, dan Universitas Hasanuddin.

Presiden Direktur PT. Charoen Pokphand Indonesia, Tbk. Tjiu Thomas Effendy turut hadir untuk memberikan welcoming speech kepada peserta. “ Kami berharap melalui Beasiswa CPBSA dapat menghasilkan lulusan yang professional dan up to date perkembangan teknologi bidang peternakan” ujar Thomas. Elen Setiadi, S.H., M.S.E. selaku Staf Ahli Bidang Regulasi, Penegakkan Hukum, dan Ketahanan Ekonomi, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian juga turut hadir sebagai keynote speaker dan memberikan pembekalan dalam acara tersebut. Elen menyampaikan bahwa untuk menyongsong Indonesia emas maka generasi muda yang sebagian besar di genersi z dan millennial harus menyiapkan diri untuk menjadi SDM yang unggul. 

Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat dan piagam oleh Tjiu Thomas Effendy kepada masing-masing perwakilan perguruan tinggi negeri, kemudian sambutan dari dosen dan peserta, lalu diakhiri dengan foto bersama seluruh pimpinan CPI, peserta, dosen dan panitia peserta CPBSA Batch 4.

Kegiatan selanjutnya dengan kunjungan ke Thailand pada tanggal 5-10 Maret 2023. Selama di Thailand seluruh peserta mengikuti studi banding di Pusat Pelatihan Charoen Pokphand yaitu Charoen Pokphand Leadership Institute (CPLI) yang berlokasi di Nakhon Ratchasima, Thailand. CPLI memiliki moto “Building the DNA of good – talented – powerful leaders”  yang menjadi kurikulum tersendiri yang memenuhi standar internasional. Selanjutnya peserta juga mengunjungi International Livestock Exhibition VIV Asia 2023. VIV Asia 2023 merupakan pameran peternakan skala internasional yang diikuti lebih dari 1.200 peserta pameran dari 45 negara, serta menghadirkan berbagai seminar dan konferensi tingkat tinggi yang menghadirkan lebih dari 200 pembicara ahli.

  • Share

Tri Rachmanto