Mantan Wakil Rektor USM Raih Gelar Doktor, Setelah Lulus Pada Ujian Terbuka Promosi Doktor

# # #

Mantan Wakil Rektor USM Raih Gelar Doktor, Setelah Lulus Pada Ujian Terbuka Promosi Doktor

Fapet.unsoed.ac.id – Dosen Universitas Semarang (USM) sukses meraih gelar Doktor Peternakan pada Program Doktor Prodi Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas (Fapet Unsoed) melalui disertasnya dengan judul “Pengembangan Sosis Tipe Emulsi Berbasis Daging Domba Lokal”, yang dilaksanakan pada Kamis, (24/8/2023) bertempat di ruang Seminar lantai 3 Fapet Unsoed.

 

Ujian Disertasi Terbuka menghadapkan promovendus Iswoyo NIM D3A020001 dilaksanakan secara luring pada Kamis, (24/8/2023) bertempat di ruang Seminar lantai 3 Fapet Unsoed mulai pukul 10.00 WIB dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Umum&Keuangan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni&Kerjasama, Dekan beserta para wakil dekan, guru besar, Pimpinan USM dan Alumni.

Ujian Disertasi Tertutup dipimpin oleh ketua sidang Prof. Dr Ir. Triana Setyawardani, S.Pt, MP.,IPU dan sekeretaris Dr. Ir. Agus Susanto, M.Sc.agr.,IPU. bertindak sebagai Promotor Ir. Juni Sumarmono, M.Sc, Ph.D, IPU, Co-Promotor Prof. Dr Ir. Triana Setyawardani, S.Pt, MP.,IPU, penguji internal Dr. sc.agr. Ir. Singgih Sugeng Santosa, MP, Dr. Ir. Agustinus Hantoro DR, MP, Prof. Dr. Rifda Naufalin, SP, M.Si dan penguji eksternal Prof. Dr. Ir. Sri Budi Wahjuningsih, MP (Guru Besar USM).

Proses Ujian Terbuka diawali dengan penyampaian informasi terkait data diri teknis pelaksanaan ujian oleh ketua sidang dan penyampaian informasi terkait kemajuan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa peserta ujian dari tim promotor.

Iswoyo menjelaskan Penambahan hidrokoloid berpengaruh secara signifikan terhadap stabilitas adonan, tekstur, dan keempukan produk sosis domba. Hidrokoloid terbaik berdasarkan hasil uji efektivitas adalah karagenan konsentrasi 2,0%.

Penambahan enzim MTGase berpengaruh secara signifikan terhadap tekstur dan keempukan. Penambahan MTGase terbaik berdasarkan uji efektivitas adalah konsentrasi 1,0% (PH2M-1,0%).

Metode pemasakan sangat berpengaruh terhadap karakteristik produk sosis domba terutama tekstur, susut masak, dan warna. Metode pemasakan terbaik berdasarkan uji efektivitas adalah metode microwave.

Uji organoleptik menunjukkan bahwa sosis dengan penambahan karagenan dan penambahan karagenan – MTGase dengan metode microwave yang paling disukai. Berdasarkan penelitian ini, sosis dengan penambahan karagenan 2% dan MTGase 1% yang dimasak menggunakan metode microwave dipilih sebagai yang terbaik karena paling disukai dari sisi tekstur dan rasa.

Sidang terbuka yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini mengantarkan promovendus mendapatkan predikat Doktor Ilmu Peternakan setelah ketua sidang menyampaikan pengumuman, bahwa promovendus Hasil sidang terbuka memutuskan promovendus Iswoyo dinyatakan “LULUS”,  dengan predikat cumlaude dengan IPK 4.0.

Pada akhir sambutannya promotor menyampaikan pesan kepada Dr. Iswoyo, setelah menyandang gelar Doktor, sebagai seorang Doktor yang saudara sandang mulai hari ini, mempunyai tanggung jawab yang tidak ringan, karena gelar tersebut memiliki beban akademik yang  berat, Doktor adalah identik dengan riset. Ketika seorang doktor tiba-tiba tutup buku, hanyut dengan kebesaran gelar Doktornya, serta lupa yang menjadi beban tanggung jawabnya tugas seorang peneliti, maka sebuah pertanda kematian bagi seorang intelektual, berisetlah sampai akhir hayat” pesannya.

“Sebagai intelektual saudara berkewajiban untuk terus menjalin komunikasi dan bersinergi dengan sesama peneliti, serta menjauhi persaingan yang tidak wajar, sebagai peneliti yang handal dan independen. saudara dapat menjamin kebenaran dan keteladanan pernyataan ilmiah dan jujur menyampaikan fakta dan realita”, terang promotor menutup sambutannya.

Sementara Dr. Iswoyo pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Promotor, co-promotor, tim penguji, Rektor beserta para wakil rektor Unsoed, pimpinan universitas dan Fapet Unsoed, rekan sejawat dari Universitas Semarang, rekan-rekan mahasiswa, rekan-rekan alumni, keluarga yang telah membantu memberikan support dan telah menyempatkan waktu ditengah-tengah kesibukannya untuk dapat hadir pada proses sidang terbuka disertasi saya.

“Saya merasa bahagia dan terharu dengan apa yang baru saja terjadi, perjuangan menggali ilmu sampai proses penelitian yang akhirnya pada hari ini saya berhasil meraih gelar Doktor. Itu capaian yang luar biasa bagi saya”, kata Iswoyo.

Semoga apa yang telah saya raih dapat menjadi pintu pembuka saya untuk dapat menularkan ilmu yang saya dapat program Doktor Fapet Unsoed ini.

  • Share

Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman