Koordinasi dan Evaluasi Tracer Studi Fapet Unsoed: Sinergi Antara Pimpinan Universitas dan Fakultas

# # #

Koordinasi dan Evaluasi Tracer Studi Fapet Unsoed: Sinergi Antara Pimpinan Universitas dan Fakultas

Fapet.unsoed.ac.id – Dalam rangka mengoptimalisasi peran alumni dalam meningkatkan mutu lulusan Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Fapet Unsoed) Purwokerto pada Jum’at (22/12/2023) melakukan rapat koordinasi Tracer Study untuk mendorong Sistem Penjaminan Mutu dan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi.

Penelusuran alumni (Tracer Study) adalah studi mengenai lulusan lembaga penyelenggara pendidikan. Studi ini mampu menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat bagi kepentingan evaluasi hasil pendidikan dan selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan yang bersangkutan. Tracer Study juga bermanfaat dalam menyediakan informasi penting mengenai hubungan antara pendidikan tinggi dan dunia kerja professional, menilai relevansi pendidikan, dan informasi bagi pemangku kepentingan (stakeholders).

Ada tiga point penting untuk di ketahui yang dapat di ambil dari para Alumni yaitu :

  1. Biodata Alumni yaitu terkait Identitas alumni, Kontak Person, Alamat dll
  2. Linieritas Kompetensi untuk mengukur seberapa banyak kebutuhan pasar kerja
  3. Linieritas Salary untuk kesesuaian gaji lulusan Fapet Unsoed jenjang karir setelah Lulus yaitu memastikan alumni tersebut berwirausaha, bekerja atau melanjutkan study.

Rapat koordinasi dan evaluasi mengundang Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Norman Arie Prayogo, S.Pi, M.Si. Rapat koordninsi diikuti oleh tim tracer studi yang terdiri dari wakil dekan bidang kemahasiswaan&alumni, para Koorprodi, dan ketua PII, Fapet Unsoed. ini menjadi momentum sinergi antara fakultas dan pimpinan universitas untuk meningkatkan kualitas pemantauan dan pengembangan alumni.

Dalam arahannya, Wakil Rektor Dr. Nurman Prayoga menyoroti pentingnya Tracer Studi sebagai alat untuk mengevaluasi kualitas pendidikan yang diberikan oleh universitas. Beliau menekankan bahwa melalui pelaksanaan Tracer Studi, Unsoed dapat memperoleh informasi yang akurat mengenai kesuksesan alumni dalam karir mereka dan memberikan umpan balik bagi peningkatan mutu pendidikan.

Pada kesempatan itu WR 3 menanggapi permasalah yang sering dihadapi tiap fakultas, Norman memberikan lima kunci untuk membuka problematika tracer studi, “pertama cek hubungi kembali data alumni yang belum mendapat pekerjaan. Kedua konfirmasi gaji yang kurang dari standar IKU, ketiga kejar informasi alumni yang studi lanjut melalui dosen pembimbing, keempat berapa orang alumni yang berwirausaha dan cek penghasilan yang diterima perbulannya dan yang terkahir bila alumni tidak ada tanggapan untuk melibatkan bantuan dosen pembimbingnya, tegas Dr. Norman.

Sementara itu, Dekan Fapet Unsoed, Prof. Dr. Ir. Triana Setyawardani, S.Pt, M.P, IPU.,ASEAN Eng, membuka acara dengan sambutannya yang penuh semangat. Beliau menegaskan komitmen Fapet Unsoed dalam memberikan kontribusi yang maksimal terhadap perkembangan dan keberlanjutan alumni. Dekan juga mengapresiasi kerjasama yang erat antara fakultas dan pimpinan universitas dalam mendukung pelaksanaan Tracer Studi.

Ketua tim Tracer Studi Fapet Unsoed, Ir. Nunung Noor Hidayat, M.P, IPM, pada kesempatan tersebut memberikan gambaran tentang permasalahan dan kendala yang dihadapi tim dalam mengakses informasi alumni. Ia menyampaikan bahwa tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan data dan keterlambatan dalam pemutakhiran informasi. Dalam pandangannya, solusi terhadap permasalahan ini memerlukan kerjasama lintas sektor di antara fakultas, universitas, dan alumni.

Melalui rapat koordinasi dan evaluasi, tim tracer studi Fapet Unsoed kembali bekerja keras demi untuk mendapat kualitas pemantauan alumni secara akurat. Sinergi antara fakultas dan universitas diharapkan dapat menghasilkan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan pelaksanaan Tracer Studi di masa depan, serta memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan universitas dan pengembangan karir alumni. (Tim Web/Budi)

  • Share

Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman