Sebanyak 40 Tenaga Kependidikan Fapet Unsoed Ikuti “Pelatihan Komunikasi dan Layanan Efektif”

# # #

Sebanyak 40 Tenaga Kependidikan Fapet Unsoed Ikuti “Pelatihan Komunikasi dan Layanan Efektif”

Fapet.unsoed.ac.id – Sebanyak 40 tenaga kependidikan Fakultas Peternakan(Fapet) Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto mengikuti kegiatan Pelatihan Komunikasi dan Layanan Efektif Tenaga Kependidikan, Sabtu – Minggu 5 – 6 Agustus 2023 di Fave Kesumanegara Jogja dengan mengundang narasumber Adi Saputra, S.Kom ( Art Tour).

Dalam menunjang pelayanan prima, sebagai staff tenaga kependidikan dibutuhkan modal pengetahuan melalui Pelatihan Komunikasi dan Layanan yang Efektif, dalam upaya memberikan pelayanan prima terhadap mahasiswa dan tenaga pendidik dalam proses belajar mengajar.

Untuk meningkatkan kapasitas tenaga kependidikan di era yang semakin terbuka membutuhkan pengembangan diri dalam rangka menggali potensi untuk menghadapi tahun 2024 “Tidak Ada Komplain”. pemantapan nilai nilai pelayanan membutuhkan konstruktif untuk membangun etika dan komunikasi efektif dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswa.

Koordinator Bidang Tata Usaha, Dra. Wiwik WInarni, MM selaku Ketua Panitia menyatakan dalam laporannya bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan pemantapan nilai-nilai pelayananan prima terhadap masyarakat pengguna pada hal ini adalah mahasiswa khususnya Fapet Unsoed.

Koorbid TU berharap para peserta peningkatan kapasitas dapat menggali apa yang telah di sampaikan oleh narasumber dengan mengikuti langkah-langkah yang dipaparkan dan melaksanakan kegiatan tersebut dengan penuh antusiasme. “Semoga para peserta dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan semangat dan penuh perhatian”. ujarnya.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Umum & Keuangan, Ir. Mochamad Sugiarto, S.Pt, M.M, Ph.D, IPU dalam sambutannya mengatakan  bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya peningkatan mutu dan kapasitas tenaga kependidikan Fapet Unsoed dalam menciptakan layanan prima terhadap mahasiswa. yang tentunya tidak akan ada puasnya, karena tuntutan pasti akan terus ada.

Mochamad Sugiarto juga menyampaikan pesan ibu Dekan Fapet Unsoed, selaku Dekan mohon maaf tidak dapat hadir mendampingi acara tersebut. “Dekan berharap dengan kegiatan pelatihan tersebut outpunya tenaga kependidikan semakin meningkat kinerjanya, kedua semakin kompak,  Guyub Rukun dan terakhir harus bahagia”, pesan dekan.

Lebih lanjut dekan berharap, adanya pelatihan ini nantinya akan semakin memperkecil permasalahan-permasalah teknis dalam pelayanan. Dekan menghimbau, “tahun 2024 tidak lagi ada komplain”. Menurut WD 2 pesan tersebut dapat dimaknai bahwa kita harus dapat memberikan pelayanan maksimal penuh dengan kehati-hatian  dan tanggung jawab dalam memberikan pelayanan.

Mochamad Sugiarto berharap setelah mengikuti peningkatan kapasitas, para peserta diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kapasitasnya dengan memanfaatkan teknologi komunikasi terbaru, melaksanakan layanan prima dengan mendayagunakan teknik-teknik komunikasi verbal dan non verbal secara efektif.

Adi Saputra, S.Kom pada paparannya, ada lima kekuatan pada manusia, pertama kecerdasan Fisik (Psysical Qoutinet), kedua Kecerdasan (Intelektual Wuotinet), Kecerdasan emosi (Emotional Quotient), Kecerdasan Adversitas (Adversity Quotient), dan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient).

Menurut Adi, lima nilai tersebut merupakan kunci keberhasilan bagaimana orang dapat berkomunikasi dengan baik, selain itu Adi juga menjelaskan secara praktek bagaimana komunikasi yang baik dan efektif, sehingga apa yang dimaksud dapat disampaikan ke orang lain selaras dengan maksud dan tujuan dari sumber informasi tersebut. Praktik pertama adalah, dengan menunjuk satu peserta untuk mencoba menyampaikan pesan bergambar yang harus diteruskan ke peserta lain. Kedua, dengan berbaris searah, melalui masing-masing ketua barisan narsum menyampaikan pesan untuk segera di teruskan ke setiap peserta.

  • Share

Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman